PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS DIARE

Emi Yulita, Izznirahma Hayati, Lia Fentia

Abstract


Menurut informasi baik dari Puskesmas maupun pihak berwenang setempat, masih ada ibu bersalin yang masih belum mengetahui cara menyiapkan larutan gula garam terlebih dahulu. bantuan. jika terjadi diare. . anak-anak Permasalahan ini bermula dari kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pertolongan pertama diare. Berbagai instansi, termasuk otoritas kesehatan, telah menyikapi permasalahan ini dengan memberikan pelatihan pertolongan pertama diare, namun hasilnya belum memuaskan, sehingga masyarakat belum memahami cara memberikan pertolongan pertama diare pada anak kecil.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka solusi yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan PKM ini adalah berwawasan sosial, yaitu. video tip untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi diare. Kegiatan ini berlangsung sebagai berikut: 1) kami mengawali dengan penjelasan diare, 2) kami menjelaskan pertolongan pertama diare dengan menayangkan video cara pembuatan gula garam, 3) kami menilai kemampuan masyarakat dalam membuat gula garam. solusi agar para ibu atau masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya seperti biasa. Sehingga para ibu atau masyarakat tidak lagi merasa takut atau tidak aman menghadapi kasus diareHasil dari kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri ibu atau pertolongan pertama pada kasus diare di masyarakat. agar jumlah tetes gula dan garam dapat ditingkatkan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Manfaat yang diperoleh mitra adalah informasi dan pengetahuan mengenai diabetes dan pertolongan pertama pada kasus susu, serta kemungkinan deteksi dini dengan bantuan larutan gula garam.Kata kunci: Ibu; Diare; Larutan gula garamRingkasanMenurut informasi yang dihimpun baik oleh Puskesmas maupun pihak berwenang setempat, masih terdapat ibu-ibu yang tidak menyiapkan larutan gula garam untuk pertolongan pertama ketika anaknya meninggal. anak menderita diare . Hal ini menjadi permasalahan karena masyarakat masih belum memahami cara pertolongan pertama diare. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa pihak termasuk fasilitas kesehatan telah menyelenggarakan pelatihan pertolongan pertama diare. Namun hasilnya kurang memuaskan sehingga masyarakat belum begitu memahami cara memberikan pertolongan pertama pada diare, terutama pada anak kecil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi PKM ini menggunakan unsur sosial yaitu pelatihan video pertolongan pertama diare pada anak kecil, penilaian kemampuan masyarakat dalam menyiapkan larutan gula dan garam. Kegiatan PKM menggunakan bantuan untuk memberitahu ibu atau masyarakat tentang pentingnya pertolongan pertama pada diare.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk menghindarkan para ibu atau masyarakat dari rasa takut atau tidak percaya diri terhadap kasus diare. Melalui kegiatan PKM ini kami berharap para ibu dan masyarakat semakin percaya diri dalam memberikan pertolongan pertama pada penyakit diare. meningkat dan produksi gula dan molase dapat ditingkatkan secara tepat dengan target yang telah ditentukan. Pasangan akan mendapat manfaat dengan mendapat informasi tentang cuci darah dan pertolongan pertama pada kasus cuci darah, dan deteksi dini dapat dilakukan dengan menyiapkan larutan gula-garam.


Keywords


ibu; Diare; Larutan Gula Garam

Full Text:

PDF

References


L. Amaliah, "The Relationship of Environmental Sanitation and the Incidence of Diarrhea in Infants," JURNAL KESEHATAN MAHARDIKA, pp. 11-18, 2019.

N. R. D. Lapalulu, "Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2010," JURNAL KEPERAWATAN, pp. 1-7, 2014.

N. K. Elsi Evayanti, "Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita yang berobat ke Badan Rumah Sakit Umum Tabanan," Jurnal Kesehatan Lingkungan, p. 134, 2014.

D. U. S. Ariani, "Analisis Perilaku Ibu Terhadap Pencegahan Penyakit Diare Pada Balita Berdasarkan Pengetahuan," Journal of Chemical Information and Modeling, pp. 1689-1699, 2019.

F. Tambuwun, "Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bahu Manado," Jurnal Keperawatan UNSRAT, vol. 2, no. 2, p. 2, 2015.

Umiati, "Hubungan antara Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Diare pada Balita," Jurnal Kesehatan, vol. 3, no. 41-47, p. 3, 2010.

M. Herlika, "Hubungan Asi Eksklusif Dengan Kejadian Diare Di Puskesmas Sidorejo Kota Pagar Alam Tahun 2022 The Relationship between Exclusive Breastfeeding and the Incidence of Diarrhea at the Sidorejo Health Center in Pagar Alam City in 2022," Jurnal Kebidanan Manna Bengkulu, pp. 47-54, 2023.

M. I. Subarkah, "Faktor-Faktor Sanitasi Lingkungan Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare PAda Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Bukit Kemuning Lampung Utara Tahun 2014," Dunia Kesmas, vol. 3, no. 3, pp. 145-153, 2014.

N. D. P. Gabriela, "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar," Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , vol. 2, no. 1, pp. 104-113, 2021.

K. Riskesdas, "Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS)," Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, pp. 1-200, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1713-1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.