PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN MODERASI BERAGAMA

Fathurohim Fathurohim, Kartika Wanojaleni, Pipit Muliyah, Jurez Hanafi

Abstract


Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan perilaku yang seimbang dan toleran terhadap perbedaan agama dan kepercayaan. Moderasi beragama penting untuk ditanamkan kepada generasi muda, khususnya peserta didik SD, agar mereka memiliki sikap toleran dan menghargai perbedaan. Dalam rangka mewujudkan generasi muda yang moderat, maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang moderasi beragama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan desain pembelajaran PAI berwawasan moderasi beragama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran PAI berwawasan moderasi beragama pada KKG PAI di SD Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta didik SD Negeri 1 Sidareja. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki pemahaman yang lebih baik tentang moderasi beragama. Hal ini terlihat dari hasil diskusi dan praktik yang dilakukan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan desain pembelajaran PAI berwawasan moderasi beragama dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang moderasi beragama.


Keywords


desain pembelajaran PAI, moderasi beragama

Full Text:

PDF

References


Adya Winata, K., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Konstekstual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 82–92. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Afandi, A. (1021). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat Novasi, 01(01).

Fathurohim. (2020). nilai moderasi beragama di Kecamatan Sidareja sebagai kecamatan inklusi di kabupaten cilacap. Qalam: Jurnal Pendiddikan Islam, 01(01), 12.

Mahmud, H. (2022). Membangun moderasi beragama untuk keutuhan bangsa. Uin Sunan Gunung Djati.

Mujizatullah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Moderasi Beragama Melalui Media Kreatif pada Sekolah Umum/Madrasah di Kabupaten Bone. Pusaka, 9(2), 231–250.

https://doi.org/10.31969/pusaka.v9i2.526

Mussafa, R. A. (2018). Konsep Nilai-nilai Moderasi dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam (Analisis Al-Qur’an Surat AlBaqarah ayat 143). SKRIPSI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANGam, 31. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9820

Nur’aini, S. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan. In Jurnal Pedagogy. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/105

Saifuddin, L. H. (2019). moderasi beragama kemenak RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl. MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat.

Narulita, Sari, Pandu Hyangsewu, and Adimin Diens. 2022. “Moderate Muslim Characters in The Quran and Its Implementation in Islamic Religious Education Learning in Public Universities.” Jurnal Online Studi Al-Qur’an 18(1):75–90. doi: 10.21009/jsq.018.1.04.

Pajarianto, Hadi, Imam Pribadi, and Puspa Sari. 2022. “Tolerance between Religions through the Role of Local Wisdom and Religious Moderation.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78(4):1–8. doi: 10.4102/hts.v78i4.7043.

Sitti Chadidjah, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, Bambang Syamsul Arifin. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi).” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(1):115.

Yeni Huriani, Eni Zulaiha, R. D. (2022). Buku Saku Moderasi Bearagama Untuk Perempuan Muslim.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2031-2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.