PENINGKATAN PEMAHAMAN PROSES PRODUK HALAL PENGELOLA KANTIN MIM TANJUNG REJO WULUHAN JEMBER DALAM MENERAPKAN SISTEM JAMINAN PRODUK HALAL
Abstract
Halal menjadi syarat penting bagi umat islam dalam mengkomsumsi makanan dan minuman. Seperti kaidah fiqh yang banyak digunakan dalam menetapkan halal-haram. Setiap produsen makanan yang ingin memenuhi standar halal harus memiliki pemahaman mendalam tentang sistem jaminan halal. konsep ini melibatkan penerapan prinsip-prinsip proses produksi yang sesuai dengan standar halal, Maka menjadi keharusan bagi produsen dalam memproduksi makanan halal dan jika melanggar ketentuan tersebut, maka perlu ada pertanggungjawaban tidak hanya secara hukum, tetapi juga dari segi moral terhadap produk yang saya hasilkan. Dalam pengelolaan kantin MIM Tanjung Rejo Wuluhan Jember, maka pengelola kantin MIM perlu memahami kebijakan halal dan pelaksanaan proses produk halal bagi seluruh produk yang dijual di kantin sekolah. Adapun kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman proses produk halal bagi pengelola kantin dan pelaku UMKM yang terlibat di kantin tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengelola kantin mampu menerapkan proses produksi sesuai dengan sistem jaminan halal yang dirancang dalam bentuk kebijakan halal di kantin tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.57-81
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (S. P. T. Utami (ed.); 4th ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Muhammad Nizar, & Antin Rakhmawati. (2022). Tantangan dan Strategi Pemasaran Produk Halal di Indonesia. Malia (Terakreditasi), 13(1), 123–140. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2872
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Permanasari, E.-D., 1*, & Fitria Nugrahaeni. (2021). Abdimasmu. Pembangunan Perilaku Sadar Halal Generasi Muda Melalui Edukasi Dan Sosialisasi Halal Tingkat SMA Kota Jakarta Timur, 2(1), 87–97.
Ulfin, I., Rahadiantino, L., Harmami, H., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.14
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66. www.depkop.go.id
Yulia, Lady. (2015). Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162. https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/view/171/118
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.4107-4114
Refbacks
- There are currently no refbacks.