PEMANFAATAN LIMBAH SAYURAN PASAR MENJADI MIKROORGANISME LOKAL (MOL) SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI PANCUR BATU DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Rahmadina Rahmadina, Widia Hariani, Rubiyah Rubiyah, Delawanti Puspita, Anisa Aprilia

Abstract


Limbah pasar merupakan hal yang dapat memberikan dampak negatif pada lingkungan jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak negatif tersebut maka perlu suatu upaya pengelolaan  untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Kegiatan ini dilakukan di pasar pancur batu, kabupaten deli serdang, sumatera utara. Melalui inovasi ini diharapkan tidak banyak lagi limbah sayuran di pasar yang dibiarkan hingga benar-benar busuk dan menimbulkan bau dan merusak keestetikaan pasar. Pembuatan pupuk cair mikroorganisme lokal (MOL) dari limbah pasar diolah dengan penambahan bioaktivator EM4 (effective microorganisms) dan molase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan di pasar pancur batu, deli serdang, sumatera utara dan  mendorong penggunaan pupuk organik yang ramah lingkungan dan berpotensi meningkatkan produktivitas tanaman. Prosedur penelitian ini yaitu melakukan observasi, sosialisasi dan pelatihan. Adapun parameter yang diamati adalah parameter fisik. Hasil dari pengabdian masyarakat ini  diharapkan dapat bisa menjadi solusi dari pengurangan limbah yang ada di pasar pancur batu dan masyarakat jadi memanfaatkan pupuk cair mikroorganisme lokal (MOL) sebagai pupuk pada tanaman mereka.

Keywords


EM4, MOL, Pupuk Cair

Full Text:

PDF

References


Arihati, D. B., Nugraheny, D. C., Kusuma, A. P., Vioreza, N., & Kurniasari, N. (2019). Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair dan Pupuk Kompos. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(2), 1-6.

Dariati, T., Mustari, K., Padjung, R., & Widiayani, N. (2017). Pengelolaan Limbah Pasar Menuju ‘Pasar Swakelola Sampah’ Di Kota Makassar. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 2(2), 143-152.

Hariyanto, H., Rajab, M. A., Arif, M. M., Bustami, B., & Yustendi, D. (2023). Pertanian Terpadu; Sosialisasi Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Kepada Masyarakat Lubok Batee Kabupaten Aceh Besar.

Baktimas: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 485-491.

Pumoko, P., Paling, S., & Tulak, A. (2022). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair Dalam Mendukung Pertanian Organik Masyarakat

Wamena, Papua Indonesia. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 87-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1698-1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.