EKSPOSISI KITAB ROMA: PEMBEKALAN PENATUA HKBP IMMANUEL KELAPA GADING

Raulina Raulina, Nelly Maria Hutahaean, Petrus N. B. Pardede, Wira Panjaitan

Abstract


Artikel ini menjelaskan pembekalan penatua (parhalado) HKBP Immanuel Kelapa Gading Distrik VIII DKI Jakarta mengenai Kitab Roma, khususnya Roma 12:3-8. Penekanannya adalah tentang kerendahan hati dan kesatuan hati dalam pelayanan. Metode pelaksanaannya adalah pendalaman pemahaman terhadap teks, diskusi interaktif, dan aplikasi praktis. Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STT HKBP. Melaluinya, penatua memperoleh keterampilan untuk memimpin PA (Penelaahan Alkitab) dan berkhotbah di kebaktian lingkungan. Diskusi dan interaksi selama pembekalan memberi pemahaman yang baru serta memperkuat persaudaraan penatua. Hasilnya, penatua HKBP Immanuel Kelapa Gading dapan menjadi pelayan yang lebih kompeten dan sensitif terhadap kebutuhan jemaat, memperluas dampak pelayanan gereja di tengah masyarakat. Pembekalan ini meningkatkan pertumbuhan komunitas gereja yang bersemangat dalam melayani Allah dan sesama.


Keywords


Kerendahan hati, Pelatihan Penatua, Pelayanan Masyarakat, Pertumbuhan Gereja

Full Text:

PDF

References


Bryan, Christopher., A Preface to Romans: Notes on the Epistle in Its Literary and Cultural Setting. Oxford: Oxford University Press, 2000.

Haacker, Klaus., The Theology of Paul’s Letter to the Romans. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.

Hutauruk, Jubil Raplan, Lahir, Berakar dan Bertumbuh di dalam Kristus: Sejarah 150 Tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) 7 Oktobrr 1861-7 Oktober 2011. Tarutung: Kantor Pusat HKBP, 2011.

Linebaugh, Jonathan A., God, Grace, and Righteousness in Wisdom of Solomon and Paul’s Letter to the Romans: Texts in Conversation. Brill Academic Publishers, 2013.

Nekson M. Simanjuntak., dkk, peny. Ahu do Mamillit Hamu: Buku Sipangkeon di HKBP Manogunogu Angka Na Naeng Sintua. Tarutung: Kantor Pusat HKBP, 2008.

Sumnery, Jerry L., Reading Paul’s Letter to the Romans. Society of Biblical Literature, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2268-2278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.