MANAJEMEN LITERASI UNTUK MENGHADAPI PERKEMBANGAN DIGITAL DENGAN PEMBUATAN APE
Abstract
Abstrak Pendidikan di era digital memunculkan tantangan baru yang memerlukan pendekatan yang inovatif dan holistik dalam mengelola penggunaan teknologi di kalangan anak-anak. Artikel ini mengulas tentang strategi Alat Peraga Edukatif (APE) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan literasi digital dan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. Berdasarkan analisis terhadap literatur, penulis menyajikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana APE dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam menumbuhkan karakter siswa, meningkatkan kompetensi orang tua dalam mendampingi anak-anak dalam menggunakan teknologi, dan memberikan perhatian pada dampak sosial dan emosional dari penggunaan gadget pada anak usia dini. Artikel ini menyoroti pentingnya literasi digital dalam mengembangkan pemahaman kritis dan kreatif anak-anak terhadap teknologi, serta peran penting orang tua dalam membimbing penggunaan teknologi secara bijaksana. Melalui implementasi APE, diharapkan masyarakat dapat menghasilkan generasi yang mampu menghadapi kompleksitas teknologi dengan lebih baik, sambil memperkuat karakter dan nilai-nilai positif. Dengan demikian, artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana pendekatan yang holistik dan berbasis masyarakat seperti APE dapat menjadi solusi yang relevan dalam mengelola penggunaan teknologi di era pendidikan yang terus berkembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Anggita, I. S., Yusuf, H., Naimah, N., & Putro, K. Z. (2022). Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697–4704. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2752
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fatmawati, I. dan A. S. (2019). LITERASI DIGITAL, MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL BAGI ORANG TUA MILENIAL. 11(2), 119–138. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.3267
Fitriyani , F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088
Hertinjung, W. S., Septianingrum, A. R. D., & Putri, Y. P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak dalam Mengakses Gadget. Warta LPM, 24(2), 187–195. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.11291
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230
Rizky Nafaida, Nurmasyitah, & Nursamsu. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology, 03(02), 57– 61. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807
Vivi Yumarni. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI. 4(1), 1–23. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369
Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1575-1583
Refbacks
- There are currently no refbacks.