PERANAN KEGIATAAN PKM DALAM MENUMBUHKAN KELENG MELALUI RUBEL DAN PELATIHAN APLIKASI CANVA OLEH MAHASISWA FKIP UHN MEDAN DI DESA MUNTE, KARO

Vina Merina Br Sianipar, Amanda Sela Nathania Marbun, Putri Ayu Natalia Hutapea, Immanuel Manullang

Abstract


Di era saat ini, pendidikan dan teknologi menjadi tonggak dasar dalam mencapai semua keinginan dan menghadapi er society 5.0. Permasalahan yang dialami salah satu desa yang ada di kabupaten Karo, yaitu desa Munte adalah kurangnya wadah atau tempat untuk siswa-siswi dalam memberikan pengetahuan tambahan baik berupa ilmu pembelajaran atau kemampuan berteknologi. Hal ini tidak tersedianya less private atau less tambahan. Dari permasalahan tersebut, metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah memberikan less tambahan dan pelatihan gratis bagaimana satu aplikasi teknologi dapat dikuasai yang mampu membantu proses belajar dari siswa-siswi. Tiga tahap digunakan dalam proses: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari metode yang digunakan adalah siswa-siswi yang merasa nyaman dengan adanya less tambahan berupa less baca tulis matematika, bahasa inggris juga less tambahan yang meliput pelatihan aplikasi penggunaan canva. Kegiataan tersebut menjadi jembatan untuk siswa-siswi dalam menyelaraskan kemampuan literasi dan numerasi dan keseimbangan berteknologi di er society 5.0 saat ini.


Keywords


masyarakat, desa munte, Rubel, Canva

Full Text:

PDF

References


Aini, Yulia Isratul. "Pemanfaatan Rumah Belajar pada Pembelajaran di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru." Jurnal Teknodik (2021): 81-93.

Aminingtyas M, Wardhani JD. “Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Berbasis Portal Rumah Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Anak”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2023 Jul 30;4(1):590-601.

Dewi, Kadek Anggi Indah Dwita, I. Made Suarsana, and Made Juniantari. "Pengaruh E-Learning Berbasis Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa." Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 14.1 (2020): 65-77.

Masril, Muhammad, and Nur Rahmi. "Pelatihan Aplikasi Canva Dalam Mendesain Poster Pada Siswa SMKN 7 Pangkep." Jurnal Guru Pencerah Semesta 1.3 (2023): 279-283.

Purba, Y.A., 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), pp.1325-1334.

Resmini S, Satriani I, Rafi M. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1510-1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.