PENERAPAN GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SUDIRMAN, KAMPUNG PURBA DAYU, KABUPATEN KARANGANYAR

Nawangsih Edynna Putri, Muchammad Sofyan Firmansyah

Abstract


Bahasa Inggris di era globalisasi memiliki peran yang krusial karena menjadi media komunikasi antarnegara. Globalisasi menjadikan Bahasa Inggris sebagai standar global komunikasi atau lingua franca di semua sektor kehidupan, khususnya Pariwisata. Bahasa Inggris dibutuhkan untuk pengembangan dan pengelolaan pariwisata, seperti pemandu wisata dan promosi atau pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku Pariwisata dituntut memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang dibangun mulai dari pendidikan formal. Kampung Purba Dayu merupakan salah satu potensi wisata di Solo Raya karena menjadi lokasi penemuan artefak tertua di dunia dan terdapat Museum Manusia Purba. Akan tetapi, satuan pendidikan di wilayah tersebut belum sepenuhnya didukung keterampilan Bahasa Inggris, sebagai contoh di MI Sudirman. Mata Pelajaran Bahasa Inggris tidak diajarkan karena tidak ada dalam kurikulum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa-siswi di MI Sudirman Dayu. Metode pengajaran menggunakan Grammar Translation Method (GTM) dimana pengajar menggunakan bahasa Indonesia dalam proses pengajaran. Materi yang diajarkan berupa pengenalan kosa kata dasar sehari-hari kemudian diakhiri dengan evaluasi tertulis. Hasil evaluasi menunjukkan dari total 18 siswa, 13 siswa mendapat nilai sempurna. Tingkat presentase siswa yang mendapat nilai sempurna mencapai 72%. Dapat dikatakan bahwa pengajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan Grammar Translation Method berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

Keywords


Bahasa Inggris;Metode Pengajaran;Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ayu, Ida et al. 2021. “The Roles of English in the Development of Tourism and Economy in Indonesia Article Info.” Journal of Social Sciences and Humanities 11(3): 2021.

BPSMP Sangiran. 2019. “Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu; Budaya Dan Lapisan Tanah Purba.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpsmpsangiran/museum-manusia-purba-sangiran-klaster-dayu-budaya-dan-lapisan-tanah-purba/ (January 18, 2023).

Djauhar, Risnawati. 2021. “The Grammar-Translation Method, The Direct Method, and The Audio-Lingual Method.” Langua-Journal of Linguistics, Literature, and Language Education 4(1). www.jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/langua.

Gulmira Ahmadjonovna, Bakhromova. 2022. “THE EFFECTIVENESS OF GRAMMAR TRANSLATION METHOD.”

Lestary, Agustina. 2019. “The Use of Grammar Translation Method (GTM) in Teaching Bahasa Indonesia to Foreign Learner.” TEFLA Journal 1(2): 1–4. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/TEFLA.

Mantra, Ida Bagus Nyoman, Ida Ayu Made Sri Widiastuti, Nengah Dwi Handayani, and Anak Agung Istri Yudhi Pramawati. 2020. “English Language Urgency for Tourism and Hospitality Employees to Boost Global Economy.” Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 17(7).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1422-1428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.