PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN NUMERASI DAN KEPEMIMPINAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK SISWA SB KEPONG MALAYSIA

Haris Imam Karim Fathurrahman, Beni Suhendra Winarso

Abstract


Numerasi atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran angka saat ini menjadi dasar fundamental pembelajaran di sekolah. Numerasi menjadi bagian penting dalam menunjang bidang ilmu lain dan dapat diterapkan secara aplikatif di kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan suatu pendekatan teknologi yang dapat menunjang proses pembelajaran numerasi sekaligus literasi kepemimpinan menggunakan teknologi digital. Pengabdian ini dilakukan secara luring dengan melakukan kegiatan di Sanggar Bimbingan (SB) Kepong Malaysia. Kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua sesi yaitu pembelajaran numerasi dan literasi kepemimpinan menggunakan teknologi digital. Sesi numerasi menggunakan teknologi digital berupa game interaktif yang dapat dimainkan secara berkelompok. Sedangkan untuk sesi pembelajaran digital menggunakan video interaktif sekaligus pemaparan. Metode evaluasi yang digunakan adalah angket dengan butir tingkat penerimaan teknologi terhadap dua topik numerasi dan kepemimpinan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa sebesar 82,7% anak-anak memahami pembelajaran numerasi menggunakan teknologi digital dan 86,5% terkait pemahaman kepemimpinan. Implementasi penggunaan teknologi dalam menunjang pembelajaran numerasi dan kepemimpinan di SB Kepong memberikan dampak positif terhadap penerimaan terhadap anak-anak Sanggar Bimbingan.


Keywords


anak, digital, kepemimpinan, numerasi, teknologi

Full Text:

PDF

References


Birknerová, Z., & Zbihlejová, L. (2023). Losing Sleep: Examining Struggles for Value and Counterproductive Work Behaviors in an Era of Globalization. In Globalization, Human Rights and Populism (pp. 265–288). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-17203-8_13

Gloriani, Y., Setiyani, S., Firmasari, S., & Erawati, T. (2023). Relationship between Literacy and Numeracy for Junior High School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3096

Goniewicz, K., & Hertelendy, A. J. (2023). Adaptive Leadership in a Post-Pandemic World: The Urgent Need for Transformative Change. Prehospital and Disaster Medicine, 38(4), 530–531. https://doi.org/10.1017/S1049023X23005836

Hoogland, K. (2023). The changing nature of basic skills in numeracy. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1293754

Kartiasih, F., Djalal Nachrowi, N., Wisana, I. D. G. K., & Handayani, D. (2023). Inequalities of Indonesia’s regional digital development and its association with socioeconomic characteristics: a spatial and multivariate analysis. Information Technology for Development, 29(2–3), 299–328. https://doi.org/10.1080/02681102.2022.2110556

Machfiroh, R., Sapriya, S., & Komalasari, K. (2018). Characteristics of Young Indonesian Citizenship in the Digital Era. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1354-1358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.