PENGUATAN PEMAHAMAN KOMUNITAS BELAJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK

Aloysius Joakim Fernandez, Aysanti Yuliana Paulus

Abstract


Komunitas Belajar ini menjadi wadah yang penting dalam Implemntasi Kurikulum Merdeka, terkhusus bagi sekolah penggerak. Komunitas belajar mempunya tujuan untuk pembelajaran, kolaborasi dan orientasi pada peserta didik. Dalam kaitan dengan peran ini maka kegiatan lokakarya ini bertujuan agar masing-masing sekolah penggerak dapat berbagi praktik baik dalam pengembangan komunitas belajar yang ada di sekolah masing-masing. Lebih jauh bahwa kegiatan lokakarya ini dapat memebrikan dampak baik. Dampak yang diberikan bahwa masing-masing sekolah penggerak dapat merencanakan aksi nyata dalam kaitan dengan pengembangan komunitas belajar

Keywords


Merdeka, Kurikulum, Komunitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 495. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

Evy Ramadina. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic Islam Nusantara, 7(2), 131–142.

Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Issue April).

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(1), 293–304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE%0A

Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. In Menpendikbudristek. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf

McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & Anggraena, Y. (2017). Pembelajaran dan Penilain. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123. Pendidikan, K. (n.d.). TanyaBOS.

Standar, B., Pendidikan, D. A. N. A., Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., & Indonesia, R. (2023). Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1768-1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.