PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL PENAWARAN PRODUK PADA UMKM BATIK SEKAR RINAMBAT DI KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Fauzian Noor, Muhammad Rizqi Agustino, Kustaji Kustaji

Abstract


Permasalahan UMKM adalah terletak pada strategi dan cara pemasaran. Pengabdian masyarakat dalam hal pemasaran UMKM adalah upaya kolaboratif yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan penjualan produk. UMKM Sekar Rinambat berdiri sejak 2021 dengan produk batik tradisonal Bojonegoro. Sampai sekarang masih menghadapi tantangan menembus pasar yang lebih luas karena tidak menggunakan metode pemasaran yang tepat. Melalui Pelatihan dalam pembuatan proposal penawaran produk, strategi pemasaran dapat ditingkatkan. Proposal penawaran produk berperan sebagai alat komunikasi yang mempermudah pengenalan produk kepada konsumen potensial. Dengan menyajikan informasi yang jelas dan menarik, serta penawaran yang kompetitif menjadi media yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Pelatihan ini memberikan manfaat ganda: pertama, memperkenalkan produk kepada pasar yang lebih luas, dan kedua, memberikan pelatihan dan praktek yang lebih baik kepada UMKM tentang tata cara penawaran produk yang efektif. Melalui pendekatan ini, kesadaran masyarakat terhadap produk UMKM dapat ditingkatkan secara signifikan, yang pada gilirannya diharapkan akan meningkatkan penjualan mereka. Menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) menjadikan tim pengabdi memahami dan dapat melakukan pelatihan dengan tepat sasaran. Dengan demikian, pengabdian masyarakat pada aspek pemasaran UMKM tidak hanya meningkatkan penjualan produk tetapi juga memberikan fondasi yang kuat bagi pengembangan dan pertumbuhan bisnis di tingkat lokal maupun regional.


Keywords


Proposal penawaran, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Rizal (2020)., Manajemen Pemasaran Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Setiawan, I. K.S.B. (2021). Perancangan Katalog Produk untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. JMM (Jurna Masyarakat Mandiri), 5(5), 2615-2624.

Falah, Gunawan, Najib. (2021). Perancangan Aktivitas Pemasaran UMKM Percetakan Melalui Media Katalog. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 48-56

Gilarso, T.,2003. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, edisi revisi. Yogyakarta: Penerbit kanisius

Kotler, P. (2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta. Prehalindo

Romli, Salam (2021). Pemberian Pelatihan (Pembuat Proposal, Varian Produk, Pemasaran Digital, Pembukuan dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Terhadap Pelaku UMKM pengolahan Ikan Asin di Desa Kubang Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Banten. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan.

Romli. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Zahra Berdasarkan SWOT Melalui Door to Door Dan Marketplace. Jakarta. Jurnal Manajemen Riset dan Inovasi.

Saefudin, zulfa, Munir Toto. (2016). Katalog sebagai Media Promosi bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang. Andharupa. 2. 79-62.

Saepudin, Salsabila, Hidayat. (2021). Pemberian Pelatihan Pembuatan Proposal, Varian Produk, Pengemasan Produk, Pemasaran Digital, Pembukuan dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Terhadap Para Pelaku UMKM pembuatan Emping di desa Bayumundu Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang banten. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman.

Tigana, Yudiarini, Manek. (2022). Mempertahankan Produktivitas UMKM Dengan Pembuatan Proposal Kemitraan Dan Penyebaran Brosur/Pamflet PPKM Ber-level. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakt.

Zahro, Romli. (2021). Pemberian Pelatihan (Pembuatan Proposal, Varian Produk, Pengemasan Produk, Pemasaran Digital, Pembukuan dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana) Terhadap Para Pelaku UMKM Pelongahan Ikan Asin Didesa Kubang Puji Kabupaten Serang Banten. Batara Wisnu Jurnal ; Indonesian Journal of Community.nonim. 2006. Formalin bukan Formalitas. CP Buletin Service No.73 Tahun VII Januari 2006. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1321-1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.