PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING USAHA SOSIS PAK WI DESA NGULANAN KECAMATAN DANDER BOJONEGORO

Dwi Irnawati, Reza Anggapratama, Geraldi Eka Prasetya, Iza Ariffudin, Khafia Juniar Al Kadhafie

Abstract


Pengabdian ini memiliki latar belakang terkait belum adanya pemasaran berbasis digital di Usaha Sosis Pak WI dan belum adanya merek yang menjadi ciri khas dari usaha Sosis Pak WI serta kemasan yang belum menarik untuk diperjual belikan. Padahal saat ini banyak pelanggan yang menginginkan bisa pesan online tanpa harus datang langsung ke tempat usaha Sosis Pak WI. Sehingga tim pengabdian memberikan pendampingan terkait digital marketing yang didalamnya juga akan memberikan pendampingan terkait merek dan kemasan Sosis yang menarik untuk dipasarkan. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini yaitu pertama melalui Pendekatan terlebih dahulu untuk mencari masalah yang dihadapi oleh mitra kemudian diberikan sosialisasi terkait pentingnya digital marketing, merek dan kemasan yang menarik untuk memasarkan produk, setelah itu memberikan pendampingan terkait digitial marketing, merek, dan kemasan. Hasil dari pengabdian ini yaitu Usaha Sosis Pak WI menjadi lebih meningkat penjualannya setelah dibuatkan merek dan kemasan yang menarik serta dibuatkan akun sosial media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk sosis Pak WI di dunia maya dan hal tersebut memudahkan konsumen maupun mitra dalam proses jual beli karena tidak harus bertemu langsung sudah bisa melakukan proses jual beli.


Keywords


Digital Marketing, Merek, Kemasan, Usaha Sosis

Full Text:

PDF

References


Anggapratama, R., Irnawati, D., & Yudha, D. A. (2023). Empowering Farmer Groups in Ponggok District , Blitar Regency in the Creative Economy Era with Digital Marketing. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2017), 6–10. https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/3266/1560

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2019). The Role of Digital Marketing in Improving Sales to SMEs in Dealing with ASEAN Economic Community. 101(January 2017), 350–355. https://doi.org/10.2991/iconies-18.2019.70

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh

Abdi, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296

Ilhamalimy, R. R., Supratman, S., & Septika, B. H. (2023). Green Marketing and Digital Marketing Strategies in Increasing Sales Products NTB Waste Bank. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 6(1), 31–46. https://doi.org/10.54268/baskara.v6i1.18336

Lazo-Amado, M., Cueva-Ruiz, L., & Andrade-Arenas, L. (2021). e-Business Model to Optimise Sales through Digital Marketing in a Peruvian Company. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(11), 739–748. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2021.0121184

Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.

Ni Komang Sri Julyantari, Purnama, I. G. A. V., Bagiarta, I. G. N. N., Pertama, P. P. G. P., & Liandana, M. (2021). Implementasi Website untuk Media Pemasaran Online dan Perbaikan Kemasan Produk. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.134

Nugroho, A. P., Sellina, S., Hidayah, Z. Z., Sandi, P. H., & Meirani, N. (2023). Pembinaan E-Commerce dan Desain Kemasan dalam Peningkatan Profitabilitas Usaha. Mengabdi: Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 1(6), 48–54.

Pkk, K. K., Zuhriatusobah, J., Saputera, M. E., Nurlaela, I., Arifin, M., Putri, K. M., & Laksana, T. T. (2023). Peran Digitalisasi Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Pada Ibu-Ibu Pemberdayaan. 6, 3850–3859.

Susilawati, L. (2023). Pendampingan Product Branding TeH. 6, 3845–3849.

Zannah, M., & Mubarak, H. (2023). Digital Marketing Strategy Design in Increasing Sales Volume At Msme Chips Aljannah. Jurnal Ekonomi, 12(03), 1008–1017. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/2167%0Ahttps://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/download/2167/1875




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1283-1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.