MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DESA NGREJENG, KECAMATAN GRABAGAN, KABUPATEN TUBAN

Dwi Irnawati, Farida Muntahana, Wendy Vio Lugianto, Ayunda Rizki Febrianti, Melinda Rizki Febrianti, M. Nurcholis

Abstract


Latar belakang dalam pengabdian ini yaitu pada bidang pendidikan dengan kurangnya tenaga pengajar dan proses belajar mengajar yang monoton sehingga membuat siswa kurang cepat dalam memahami mata pelajaran yang diterima. maka dari itu tim pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi untuk membantu mengajar dan metode yang dipakai menggunakan mind mapping atau mambantu memberikan pemahaman bagaimana cara belajar menggunakan cara yang lebih inovatif agar proses belajar mengajar tidak monoton dan bisa di jadikan sarana pengembangan kreatifitas anak. Melalui mind mapping ini juga dapat menambah kreatifitas anak-anak. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini lebih memanfaatkan kreatifitas siswa dalam belajar baik di dalam sekolah (SDN Ngrejeng 1) maupun diluar sekolah (TPQ Thoriqul Janah). Hasil dari pengabdian ini yaitu siswa-siswi SDN Ngrejeng 1 dapat membuat mind mapping dengan tepat dan menarik serta siswa-siswi lebih asyik dalam belajar. Sedangkan di TPQ Thoriqul Janah siswa siswi merasa senang karena bisa membuat kesenian kaligrafi sesuai kemampuan masing-masing yang disukai tanpa ada paksaan dalam menggambar, karena merasa senang dalam mengimplementasikan kreatifitas masing-masing siswa.


Keywords


Education, Mind Mapping, Kaligrafi, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Apriati, Y., & Widaty, C. (2023). Upaya Membangun Minat Belajar Anak-Anak Pemulung Melalui Permainan Edukatif Di Sekolah Dasar Negeri Basirih 4 Kota Banjarmasin. 6.

Ariesta, O., & Maulana, I. (2018). Metode Pengajaran Seni Kaligrafi Islam di Pesantren Thawalib Gunuang. BATOBAH (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat), 5(2), 113–123.

Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind Mapping Technique in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206(November), 215–218. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010

Irnawati, D., Cholifah, N., & Safitri, F. N. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Desa Ketahanan Sosial ( IKS ), Indeks Ketahanan Ekonomi ( IKE ), dan Indeks Ketahanan Tabel 1 Klasifikasi Status Desa Berdasarkan IDM Sangat Tertinggal. 7(3), 1181–1191.

Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students’ Motivation. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6(1). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2012.060105

Lelloltery, Y., Kanety, D. H., Nanulaita, M., Warsoy, L., Lico, G. J., Mauday, F., Mehmorliay, B., Porloy, C., Pooroe, D. F., Kilikily, C. C., Kurniati MA, R., & Sugiarto, S. (2023). Pengabdian Mahasiswa Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Inpres Werwaru. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 221–227. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.106

Nikhilkumar D. Parikh. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. International Journal of Indian Psychology, 3(3). https://doi.org/10.25215/0303.054

Setiawan, A., Permadi, R., & Sudrajat, A. (2021). Pelatihan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Pada Anak Anak Di Mushola Darussalam Rt 01 Rw 08 Desa Dawuan Kec. Tengah Tani Dalam Melancarkan Membaca Dan Menulis Al Qur’an. Jurnal Al-Naqdu Kajian Keislaman, 2(01), 1–7. https://www.jurnal.iaicirebon.ac.id

zahroh Hrp, A. (2023). Stimulasi Kegiatan Mewarnai Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pema Tarbiyah, 6(1), 11. https://doi.org/10.30829/pema.v1i1.1463

Zulkarnain, Z., Walidin, W., & Misbah, T. L. (2023). Pengembangan Bakat Siswa melalui Kegiatan Belajar Kaligrafi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Kota Subulussalam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 615–627. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v5i1.343




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1238-1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.