PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK OLAHAN LOKAL UMKM MELALUI INOVASI KEMASAN DAN BRANDING DI DESA TULUNGAGUNG-MALO KABUPATEN BOJONEGORO

Reza Anggapratama, Roghib Afnani, Sahra Dwi Irma Rosida, Siti Nur Rohmah, Ricki Yoga Saputra, Nur Rahma Anggun Hidayati, Muhammad Al Gufron, Esti Nur Fadila

Abstract


UMKM keripik singkong ibu Mudzakir membutuhkan bantuan dalam mengatasi banyak masalah, termasuk rendahnya pemanfaatan inovasi maju. Tujuan pengabdian masyarakat perlu adanya informasi lebih lanjut mengenai inovasi kemasan dan branding dalam memperkenalkan barang kepada pembeli. Pelaku UMKM keripik singkong ibu Mudzakir masih fokus pada penjualan namun harus melakukan inovasi kemasan dan branding dengan baik. Metode pengabdian masyarakat meliputi persiapan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat yakni membantu memberikan solusi kegiatan pengabdian masyarakat yang meliputi sosialisasi dan pelatihan strategi inovasi kemasan dan branding produk UMKM keripik singkong ibu Mudzakir untuk menunjang stabilitas usaha dan memperluas jangkauan pasar. Pelaku UMKM keripik singkong ibu Mudzakir menunjukkan senang dengan materi yang dipaparkan. Mereka memperluas perhatian akan pentingnya inovasi kemasan dan branding sebagai pedoman pada produk yang dibuat dan persiapan pembuatan branding dengan Canva. Dengan berlatih secara langsung dan memperluas kemampuan dalam inovasi kemasan dan branding yang menarik sesuai keinginan agar konsumen loyal terhadap produk yang dibuat.

Full Text:

PDF

References


Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023). Dampak Penggunaan Kredit Perbankan dan Pertumbuhan Industri Manufaktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 05(03), 9691–9701.

Anggapratama, R., Irnawati, D., Selviana, S., Fadila, E. N., & Niswah, S. (2024). Community Service in Strenghthening the Branding of Gadung Chips MSME Actors in Dander Bojonegoro District Niswah. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 164–170.

Anggapratama, R., Kusumanjaya, B., & Safitri, R. (2023). PENINGKATAN POTENSI DESA BERBASIS INDEKS DESA MEMBANGUN DI DESA SIDOMUKTI MELALUI KKN-T KOLABORATIF UNIVERSITAS BOJONEGORO. Wahatul Mujtama’, 4(2), 118–128. https://doi.org/10.36701/wahatul.v4i2.1072.PENDAHULUAN

Arifudin, O. (2020). Pkm Making Packaging, Increasing Production and Expansion of Marketing of Keripik Singkong in Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36. https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/514

Ariyani, D., Riono, S. B., & Sucipto, H. (2022). Pelatihan Branding Equity untuk Membangun Brand Image pada Pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam Meningkatkan Daya Jual. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.493

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.47431/governabilitas.v2i2.117

Jannatin, R., Wahyu, M., Wardhana, Rudi, Haryanto, Agus, Pebri, & Yanto. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Kholis, N., Annisa, N., Khotimah, K., Prameswari, D. A., Pangesti, I. T., & Rohmadi, M. (2023). Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong untuk Meningkatkan UMKM di Desa Palingkau Jaya. Madaniya, 4(4), 2070–2075. https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/675

Machfuzhoh, A., . L.-, & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Umkm Menuju Umkm Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 109–116. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12143

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92–98. https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3254

Puspita, V. A., Veranita, M., & Gunardi, G. (2020). Perbaikan Tata Kelola Bisnis UMKM Kerupuk Kulit Singkong menuju Ketahanan Bumdes Jagabaya. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2137

Syahriani, N., Siregar, A. J., & Nasution, W. (2023). Analisis Peran Bank Indonesia Dalam Pengembangan Umkm Di Kancah Internasional. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 3(1), 13–19. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/article/view/3688/2866

Yusnawati, Muslimah, & Fahriana, N. (2024). INOVASI KEMASAN DAN VARIASI RASA KERUPUK IKAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH. MARTABE, 7(1), 222–228. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/13345




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1221-1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.