PENGGUNAAN POSTER DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILU DI DESA DANGIN PURI KELOD

I Putu Nanda Diva Aditya, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


Pemilihan umum (pemilu) merupakan pijakan penting dalam menjaga prinsip dasar demokrasi di Indonesia. Pentingnya pemilu dalam sebuah negara demokrasi sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pemilihan umum itu sendiri, yang memiliki peran kunci sebagai mekanisme untuk membuka peluang pergantian pemerintahan. Oleh karena itu, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keberlanjutan demokrasi. Desa Dangin Puri Kelod, sebuah entitas lokal di Indonesia, menjadi fokus dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah partisipasi pemilu. Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berjudul "Penggunaan Poster Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilu Di Desa Dangin Puri Kelod" dirancang untuk mengatasi masalah dalam Masyaraka seperti bagaimana tingkat keterlibatan masyarakat Desa Dangin Puri Kelod dalam proses pemilu sebelum dan setelah penerapan sosialisasi dengan menggunakan poster? Bagaimana efektivitas penggunaan poster dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang proses pemilu di tingkat desa? Metode yang digunakan dalam laporan ini adalah metode observasi yang menghasilakan hasil implementasi penggunaan poster dalam peningkatan partisipasi pemilu di Banjar Mandalasari, Banjar Jayagiri, dan SMA Tawakal mencerminkan dampak positif terhadap tingkat edukasi masyarakat. Melalui kampanye edukasi yang diwujudkan dalam bentuk poster, masyarakat tampak sangat teredukasi mengenai tata cara pemilu, prosedur pencoblosan, syarat penggunaan hak suara, dan dampak negatif dari golput.


Keywords


Pemilu, Golput, Sosialisasi, Tata Cara

Full Text:

PDF

References


Sugiarto, Bowo & Marwah, Sofa & Akbar, Andi. (2021). Pengantar Studi Demokrasi.

Junaidi, V., Agustyati, K., & Hastomo, I. S. (2013). Politik Hukum Sistem Pemilu: Potret Partisipasi Dan Keterbukaan Publik Dalam Penyusunan UU No. 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu Anggota DPR. DPD Dan DPRD, Yayasan Perludem, Jakarta.

Solihin, L., Pratiwi, I., Hijriani, I., Utama, B., & Gandasari, N. (2021). Membentuk warga negara yang demokratis: konstruksi literasi kewargaan dalam mata pelajaran PPKn.

Cahyani, Ni Wayan Indira, and Kadek Julia Mahadewi. "PELAKSANAAN SOSIALISASI PENGARUH GADGET PADA SISWA-SISWI SD NEGERI 1 BIAUNG KABUPATEN TABANAN." Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) 6.1 (2023): 36-40.

Hilaliyah, H., & Subianto, I. B. (2022). Penggunaan Poster Sebagai Alternatif Sosialisasi Padanan Istilah Bahasa Indonesia Di Rw 03 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(2), 126-135.

Iswardhana, Muhammad Ridha et al. 2023. “Kampanye Gunakan Hak Suara Dan Jangan Golput Pada Pemilu 2024 Untuk Generasi Muda.” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 117–22.

Julia Mahadewi, K. (2023). Dalam Konteks Perubahan Sosial. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 126–133.

Rajagukguk, J., Damanik, G. Y., Aruan, E., & Gulo, R. S. (2022). GOLPUT DAN PEMILU 2024. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 82-89.

Rahmaniah. 2021. PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILU DI INDONESIA. https://www.researchgate.net/publication/351992421.

Subanda, Nyoman. 2009. II Jurnal Konstitusi ANALISIS KRITIS TERHADAP FENOMENA GOLPUT DALAM PEMILU.

Triono, T. (2017). Pemilu dan Urgenitas Pendidikan Politik Masyarakat dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Baik. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 5(2).

Taun, T., Kartika, N. A., Sari, N. N., Sihotang, O. M., Azhar, P. A., Oktavairuz, R., ... & Fahma, V. N. (2023). Analisis Penyebab Fenomena Golput dalam Pemilu dari Masa ke Masa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(2), 9-13.

Putri, M. P. (2016). Peran (KPU) Dalam Sosialisasi Pemilu Pada Pemilu Presiden 2014 di Kalimantan Timur (Maslekah Pratama Putri). Ejournal. Ilkom. Fisip-Unmul, 4(1), 30-43.

Shidik, M. A., Tae, L. F., & Dewi, N. P. Y. A. (2023). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Melalui Edukasi Media Poster Berbasis Aplikasi Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5344-5354.

Solin, D. (2017). Faktor penyebab tingginya golput pada pilpres tahun 2014 di masyarakat kecamatan gunung meriah kabupaten aceh singkil terkait fatwa mui tentang golput (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Koenti, I. J., Adi, P. P. K., & Yasin, M. A. (2021). Penerapan Asas Hakim Aktif pada Pertimbangan Hukum Putusan PTUN Nomor 5/G/SPPU/2019/PTUN. YK dan Implikasinya terhadap Penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif. Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian.

Sulistyono, Y. (2015). Humor dan pelanggaran maksim prinsip kerja sama dalam Kartun Ngampus. In PRASASTI: CONFERENCE SERIES (pp. 94-100).

Rahmatina, L. A., & Erawati, M. (2020). Evaluasi program edukasi dengan video dan poster terhadap perilaku masyarakat dalam menghadapi Covid-19 (preliminary study). Holistic Nursing and Health Science, 3(1), 9-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1120-1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.