PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGGUNAKAN HAK SUARA PEMILU 2024 DI DESA DANGIN PURI KELOD

I Kadek Putra Astawa, Kadek Julia Mahadewi

Abstract


Pemilu adalah elemen fundamental dalam demokrasi Indonesia. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan popularitas media sosial, tersebarnya informasi palsu melalui platform tersebut telah menjadi ancaman serius bagi integritas pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak negatif penyebaran informasi palsu di media sosial terhadap pemilu di Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar, serta untuk mengidentifikasi cara penggunaan media sosial yang tepat dalam konteks Pemilu 2024. Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian yaitu terdapat risiko atau dampak negatif dari penyebaran informasi palsu atau manipulatif melalui sosial media terhadap integritas pemilihan umum di Desa Dangin Puri Kelod? dan bagaimana pengaturan penggunaan media sosial dalam masa pemilu 2024?. Penelitian menggunakan observasi lapangan dan interaksi dengan masyarakat lokal untuk memahami keadaan serta kebiasaan mereka. Selanjutnya, dilakukan program kerja KKN Tematik yang berfokus pada mengedukasi masyarakat tentang penggunaan media sosial yang cerdas dalam menggunakan hak suara pada Pemilu 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan besar dalam membentuk opini publik, tetapi juga dapat memperkuat penyebaran informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, pentingnya edukasi dan kesadaran masyarakat dalam menyaring informasi yang benar di media sosial untuk menjaga integritas pemilu. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangan penting dalam memahami dan mengatasi tantangan penggunaan media sosial selama proses pemilu.


Keywords


Pemilu,Media Sosial, Masyarakat, Hoax, Golput

Full Text:

PDF

References


Beirgeir, J. (2015). Contagiouis: How to Buiild Word of Mouith in thei Digital Agei. Simon & Schuisteir, Limiteid.book

Dictionari, O. (2020). Deifinition HOAX. Oxford Dictionari, http://ein.oxforddictionarieis.com/deifinition/hoax.book

Ardipandanto, A. (2019). PEiRMASALAHAN PEiNYEiLEiNGGARAAN . Info Singkat - Kajian Singkat Teirhadap Isui Aktuial Dan Strateigis, 9.

Fahruidin, A. (2024). Modeiling Manajeimein Informasi Dan Veirifikasi Beirita Meinjeilang Peimilui Dan Peimilihan 2024: Seibuiah Stuidy Preiminary Teintang Uipaya Meinceigah Black Campaign dan Hoax. Juirnal Tata Keilola Peimilui Indoneisia, 6.

Fariz, T. A. (2023). IMPLEiMEiNTASI DEiMOKRASI DI INDONEiSIA . Advanceis In Social Huimanitieis Reiaseiarch , 3.

Halim, A. (2014). Dampak Sisteim Proporsional Teirbuika teirhadap Peirilakui Politik (Stuidi Kasuis Masyarakat Suimeineip Maduira dalam Peimilihan Leigislatif. Juirnal Huimanity.

Kuisnadar, V. B. (2022, 10 14). WhatsApp Meidia Sosial Paling Banyak Diguinakan Masyarakat pada 2021. Peirseintasei Peingguinaan Meidia Sosial Masyarakat Indoneisia (2021).

Luitpiani, Ei. (2021). IMPLEiMEiNTASI DEiMOKRASI DI INDONEiSIA. OSF.IO, 7.

Mahadeiw, K. J. (2023). Peirlinduingan Hak Cipta Dalam Induistri Muisik Digital di Indoneisia: Stuidi Normatif Teirhadap Peirlinduingan Hak Cipta Peingguinaan Muisik Digital. Juirnal Keiwarganeigaraan, 1.

Mahkamah, K. I. (2024). Sisteim Peimilui Reipuiblik Indoneisia. Reitrieiveid from Mahkamah Konstituisi Reipuiblik Indoneisia: https://www.mkri.id/

Maringan Panjaitan, J. R. (2022). GOLPUiT DAN PEiMILUi 2024. JISPOL - Juirnal Ilmui Sosial dan Politik, 5.

Puitram, F. A. (2020). Komuinikasi KPUi dalam Meineikan Golpuit di Jeimbeir. AL-HIKMAH, 5.

Qadri, M. (2020). PEiNGARUiH MEiDIA SOSIAL DALAM MEiMBANGUiN OPINI PUiBLIK. Qauimiyyah: Juirnal Huikuim Tata Neigara .

Ruistamana, A., Natasya , P. F., & Ramadani, P. W. (2023). PEiRKEiMBANGAN PEiMILUi DI INDONEiSIA. Deiwaruici: Juirnal Seijarah dan Peingajarannya, 1-3.

Santoso, T. (2021). Peimilui di Indoneisia. Jakarta: Sinar Grafika.

Sosiawan, Ei. A. (2019). Konteistasi Beirita Hoax Peimilui Preisidein Tahuin 2019 di Meidia Daring dan Meidia Sosial. Juirnal Ilmui Komuinikasi, 2.

Zakirah, D. M. (2020). Peingaruih Hoax di Meidia Sosial Teirhadap Preifeireinsi Sosial Politik Reimajadi Suirabaya. Uiniveirsitas Islam Neigeiri Suinan Ampeil Suirabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1095-1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.