UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN AKSI KEPEDULIAN LINGKUNGAN MASYARAKAT MELALUI PENGHIJAUAN DI DESA SETREN KAB. BOJONEGORO

Asri Elies Alamannda, Novi Wahyuni, Nurul Mukharomah, Cindy Swastika Rahmania, Mohammad Irfan Alfana

Abstract


Dalam rangka meningkatkan kesuburan tanah, salah satu yang dapat dilakukan adala dengan melakukan penghijauan pada lahan kosong. Yang menjadi tugas masyarakat berkaitan dengan penghijauan lingkungan yaitu membuat masyarakat sadar dan mengetahui manfaat  dan pentingnya penghijauan bagi lingkungan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat  dengan juudul menumbuhkembangkan aksi kepedulian lingkungan masyarakat desa Setren, Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan lingkungan. Metode pengabdian dilakukan dengan metode partisipatif yaitu mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk menanam berbagai jenis bibit pohon diberbagai lokasi di Desa Setren. Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman pohon, dapat meningkatkan pemaham masyarakat Desa Setern mengenai pentingnya tindakan dan pasrtisipasi aktif  semua kalangan untuk turut menjaga kelestarian lingkungan.


Keywords


Penghijauan; lingkungan, Penanaman Pohon.

Full Text:

PDF

References


Eko Anton Rubiantoro, R. H. (2013). Bentuk Keterlibatan Masyarakat dalam Upaya Penghijauan pada Kawasan Hunian Padat di Kelurahan Serengan - Kota Surakarta. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 416-428.

Elian, A. F. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. . Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 111–118.

Febriyanti., C. (2019). Pengembangan Skala Pengukuran Perilaku Pro Lingkungan: General Ecological Behavior (GEB) Scale. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan PendidikanIndonesia), Vol. 5 (2)., 153–181.

Mardiati, L. S. (2023). Menumbuhkan dan Mengembangkan Kepedulian Warga TerhadapKebersihan Lingkungan Melalui Penghijauan Di Desa TanjungPutus, Langkat, Sumatera Utara. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 99-104.

Purwanto. (2021). Penyuluhan Tentang Penghijauan Lingkungan Di Desa Klodran KecamatanColomadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Budimas, Vol. 3 (1), 149-154.

Sariah, S. (2012). Murji’ah dalam Perspektif Theologis. Toleransi, 69-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1063-1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.