STUDY HABIT ANAK HEBAT: STRATEGI MENGATASI LOSS LEARNING PASCA PANDEMI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Faliha Muthmainah, Nur Amin Barokah, Resi Shaumia, Mahrus Ali

Abstract


Pandemi covid 19 selama 2 tahun ini memiliki dampak yang luar biasa termasuk dunia pendidikan. Termasuk MI Mifathul Ulum Kedawong Jombang proses pembelajaran dilakukan secara online. Pembelajaran secara online ini memiliki beberapa tantangan dan permasalahan sendiri yang mana belum ada persiapan sebelumnya. Beberapa permasalahan muncul di MI Miftahul Ulum Kedawong Jombang seperti banyak siswa mengalami yaitu ketertinggalan kemampuan dan pengetahuan yang seharusnya dikuuasai namun, belum dikuasai oleh siswa. Hal ini disebabkan karena keterbatasan saat pembelajaran online seperti keterbatasan media belajar, keterbatasan sarana pra sarana seperti jaringan internet, computer atau laptop; keterbatasan dalam penyampaian pembelajaran, kurang kontrolnya guru dan orang tua. Ada banyak hal keterbatasan proses yang mendukung pada masa pandemic membuat siswa mengalihkan kejenuhan dan kebosanannya dengan hal-hal yang bersifat rekreatif seperti main game, menjelajah sosmed, menonton youtube, dll. Kebiasan-kebiasaan ini dibawa sampai pasca pandemi. Siswa tidak bersemangat lagi belajar, kurang bisa mengatur dirinya dalam belajar dan sudah kecanduan hal-hal yang bersifat rekreatif tersebut. Sehingga, hal ini harus mendapat dukungan dan intervensi agar bisa membangun kembali kebiasaan belajar yang baik untuk mengatasi learning loss yang sudah dialami selama ini. Dukungan dan intervensi tersebut berupa pelatihan self regulated learming (SRL) agar siswa mampu mengatur dirinya dalm hal belajar serta orang tua dan guru mampu bekerja sama dalam memonitoring pengaturan diri siswa.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dewi, Dian puspa. Study habits of student achievement at SD negeri 95 Pekanbaru. Riau: Jurnal PGSD FKIP universitas Riau Vol.1 April 2021

Devika Ayu, Arisanti. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Biaya Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Volume 07 Nomer 03 Tahun 2019, 378-382

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Khoerunnisa, N. et al. (2021). Gambaran Self Regulated Learning siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. FOKUS Vol. 4 No. 4

Lidiawati, K.R. & Helsa, H. (2021). Online learning during Covid-19 pandemic: how self regulated learning strategies affect student engagement. Psibernetika, 14 (1).

Kristiana, Dr. Ika Febrian; Costrie Ganes; Prasetyo Budi. 2021. Modul Pengenalan dan identifikasi learning loss siswa di masa pandemi bagi guru dan orang tua. Semarang: fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Eriyanto, A. (2021). Self-Regulated Online Learning during pandemic Covid-19 of postgraduate student, Prosiding SENABATRA 1

Zimmerman, B.J.(2000). Attaintment of Self-Regulation; A Social cognitive Perspective. Handbook of self Regulation. San Diego, CA: Academic Press.

Zuhaery, Muhammad. (2021). Pelatihan strategi pengasuhan anak dan self regulated learning solusi dan harapan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 23 Oktober 2021, Hal. 1686-1695




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1051-1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.