UPAYA PENGENDALIAN HIPERTENSI DAN DIABETES MELITUS MELALUI PENYULUHAN DAN PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI PRODUK TEH DAUN SALAM DAN DAUN SIRSAK

Aisa Dinda Mitra, Resky Indah Oktaviani, Iffah Arfiani

Abstract


Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Diabetes melitus merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimetabolisme. Metode yang dilakukan terdiri atas (1) penyuluhan kesehatan dan pemanfaatan bahan herbal, serta (2) pemaparan produk daun salan dan daun sirsak. Hasil pengabdian berdasarkan pretest yang diperoleh nilai rerata 62,26% dan hasil post test yang diperoleh nilai rerata 90,97%. Selisih dari nilai pre test dan post test masyarakat RT 26 Kelurahan Payo Selincah yaitu 28,71%, ini menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan yang dilakukan terhadap pengetahuan masyarakat RT 26 mengenai penyakit hipertensi. Hasil pre test memperoleh nilai rerata 62,90% dan hasil post test memperoleh nilai rerata 89,68%. Selisih dari nilai pre test dan post test masyarakat RT 26 Kelurahan Payo Selincah yaitu 26,77%, ini menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan yang dilakukan terhadap pengetahuan masyarakat RT 26 mengenai penyakit diabetes melitus. Sehingga adanya peningkatan pemahaman warga sebesar 55,48% dalam penyuluhan penyakit hipertensi, dan diabetes melitus serta memahami pemanfaatan bahan alam sebagai produk teh daun salam dan daun sirsak dan dapat mempraktikan sendiri di rumah masing-masing.


Keywords


hipertensi; diabetes melitus; daun salam; daun sirsak; teh

Full Text:

PDF

References


Ayutthaya, 2020. Faktor Risiko Hipertensi Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Kota Depok

Dewi Kusuma W, dkk. 2019. Perbandingan Pengaruh Antara Rebusan Air Daun Salam Dan Air Rebusan Daun Sirsak Terhadap Tekanan Darah Kelompok Pre-Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Gembong, Serang. CHMK Health Journal. vol 3 No 2.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.

Rahmayanti R U. 2022. Pemanfaatan The Daun Sirsak (Annona muricata L) Terhadap Kolesterol Total, Trigliserida Dan Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Dengan Hipertensi. Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan. Vol. 8 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1024-1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.