PEMBERIAN EDUKASI IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI DAN PEMERIKSAAN HB GRATIS DI KLINIK BERTHA

Bernadetta Ambarita, Aprilita Br Sitepu, Ermawaty Arisandi, Desriati Sinaga, Anita Veronika, Hetty Gustina Simamora, Risda Mariana Manik, R. Oktaviance.S, Merlina Sinabariba

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat merupakan bentuk pelaksanaan kegiatan dosen yang ditujukan kepada masyarakat sebagai salah satu dari Tri  Dharma Perguruan Tinggi.. Tujuan Kegiatan ini yakni Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pelayanan kesehatan pemberian edukasi ibu hamil dalam pencegahan anemia defisiensi zat besi dan pemeriksaan HB. Bertambahnya darah dalam kehamilan sudah dimulai sejak kehamilan 10 minggu dan mencapai puncaknya dalam kehamilan antara 32 dan 36 minggu. Melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada masyarakat maka ibu hamil dapat memperoleh asuhan kebidanan selama kehamilan dan Sasaran kegiatan Pengabdian masyarakat adalah Ibu Hamil dengan sasaran pemeberian Edukasi ibu hamil dalam pencegahan  Anemia dan pemeriksaan Hb pada ibu hamil di masyarakat di Bertha. Jumlah ibu – ibu hamil yang hadir sebanyak 30 orang ibu hamil, tekhnik kegiatan adalah melakukan pemeriksaan HB secara langsung pada ibu hamil : untuk tujuan praktis maka anemia selama kehamilan dapat didefinisikan sebagai anemia pada ibu hamil disebut ringan apabila kadar hemoglobin ibu 10,9 g/dl sampai 10g/dl,  Anemia sedang kadar hemoglobin ibu 9,9g/dl sampai 7,0g/dl. Anemia berat kadar hemoglobin ibu berada dibawah 7,0g/dl Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan secara bergantian kepada ibu hamil yang sudah hadir di klinik Bertha . Dari 30 orang ibu hamil yang diperiksa HBnya ditemukan ibu hamil tidak mengalami anemia yaitu sejumlah 14 orang dengan presentasi 47%, dan responden paling sedikit yang mengalami anemia sedang sejumlah 7 orang dengan presentasi sebanyak 23%. Hasil pemeriksaan tersebut sudah diketahui ibu dan penanggung jawab klinik dan pemberian edukasi tentang gizi selama kehamilan juga sudah dilakukan

Full Text:

PDF

References


Amini ,A.,C.E. Pamungkas,& A.P Harahap. 2018 ‘Umur Ibu dan Paritas Sebagai Faktr Resiko Yang mempengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu hami di Wilayah Kerja Puskesmas Ampenan’,Mdwifery Journal, 3(2)

Arimurti, I. S. , & Malasari. 2018’ Gambaran Karakteristik Ibu Hamil Dengan Anemia Di rumah Sakit An-Nsa Kta Tangeran Tahun 2015-2017’, Edudharma Journal.

Buda E, dkk. 2016. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Neonatus, Bayi Dan Balita. Surabaya: Akbid Griya Husada. 2016.

Dewi. 2016.Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi Dan Anak Balita. Jakarta : Salemba Medika.

Hidayanti ,L, & Rahfiludin (2020) ‘ Dampak Anemi Defisiensi Besi Pada Kehamilan: A Literatur Review’GASTER 18 (1) .

JNPK-KR. 2016. Buku Acuan Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal Asuhan Esensial, Pencegahan dan Penanggulangan Segera Komplikasi Persalinan dan Bayi Baru Lahir. Jakarta.

Irdayanti,P,(2017)’Identifikasi Kadar Hemoglbin (HB) Pada Ibu hamil Trimester I,II dan III Terhadap Kejadian Anemia Di Puskesmas Poasia.

Nidianti,E.,G.Nugraha, I. A. N. Aulia, S. K. Syadzila, S. .S. Suciati, & N. D. Utami (2019) ’Pemeriksaan Kadar Hemoglobin dengan Metode POCT (Point of Care Testing) sebagai Deteksi Dini penyakit Anemia Bagi Masyarakat Desa Sumbersono, mojokerto’ Jurnal Surya Masyarakat, 2 (1)

Marie Tando, naomy. 2018. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi dan Anak Balita. jakarta: EGC

Sarwono, Prawirohardjo. 2018. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. 1st ed. cetakan kelima Abdul Bari Saifuddin, editor. Jakarta: PT Bina Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.983-986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.