STRATEGI BELAJAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSI PELITA BUNDA EDUCATION CENTRE SAMARINDA

Putri Amellia, Mutia Mawardah

Abstract


Kelahiran setiap anak memiliki sifat yang unik antara satu dengan yang lain. Ada yang terlahir sempurna dan ada sebagian dari mereka yang terlahir dengan keterbatasan atau keluarbiasaan. Anak yang memiliki kebutuhan khusus merupakan anak yang membutuhkan perlakuan atau layanan khusus untuk mencapai perkembangan yang optimal sebagai akibat dari keluarbiasaan atau keterbatasan yang ada pada dirinya. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk mengetahui strategi belajar yang tepat dan menambah pengetahuan dan pengalaman mengenai Stimulus Individual kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Menggunakan metode observasi yang berlangsung selama 3 bulan. Hasil yang di dapat pendidikan di PAUD Inklusi Pelita Bunda sudah cukup baik dengan menggunakan prinsip pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013 berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. Pembelajaran berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, menggunakan pendekatan tematik atau tema pembelajaran, lingkungan yang kondusif serta pengembangan kecakapan anak

Keywords


Anak Bekebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi, Strategi Belajar ABK

Full Text:

PDF

References


Pitaloka, Asyharinur Ayuning Putriana., Fakhiratunnisa, Safira Aura., Ningrum, Tika Kusuma. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” : Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol 2, No 1 (2022): 26-42.

Rezleka, Dara Gebrina., Putro, Khamim Zarkasi., Fitri, Madi. “Faktor Anak Berkebutuhan Khusu Dan Klasifikasi ABK.” Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. Vol 7, No 2 (2021).

Fajra, Melda., Jalinus, Nizwardi., Jama, Jalius., Dakhi, Oskah. “Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik.” Jurnal Pendidikan. Vol 21, No 1 (2020): 51-63.

Saputri, Maya Aprilia., Widianti, Nansi., Lestari, Siska Ayu., Hasanah, Uswatun. “Ragam Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4, No 1 (2023)

Ashari, Debby. “Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 6, Issue 2 (2022): 1095-1110. DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1677

Dr. H. Amka. M.Si. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2021.

Website resmi Pelita Bunda Education Centre https://myweb.id/pelitabundasamarinda

Isroani, Farida. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi.” Journal Of Emperical Research In Islamic Education. Vol 7, No 1 (2019): 50-56

Aulia, Windi. “Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam setting Pendidikan Inklusi.” (2016)

Hamidahturrohmah. “Strategi Pembelajaran Jarak Jauh siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Era Pandemi Covid-19.” ELEMENTARY Islamic Teacher Journal. Vol 8, No 2 (2020)

Wardhani, M Kusuma. “Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 10, No 2 (2020): 152-161

Madyawati, Lilis., Zubadi, Hamron. “Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi.” Insania. Vol 25, No 1 (2020)

Amanullah, Akhmad Syah Roni. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme.” Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol 1, No 1 (2022): 1-14

Faizin, Imam. “Strategi Guru Dalam Penanganan Kesulitan Belajar disleksia.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 7, No 1 (2020)

Loeziana. “Urgensi Mengenal Ciri Disleksia.” Jurnal Pendidikan Anak. Vol 3, No 2 (2017)

Pradana, Dian., Abidin, Zainul., Adi, Eka Pramono. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa SDLB Tunarungu.” Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. Vol 7, No 2 (2020): 96-106




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1005-1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.