STIMULASI FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTIS USIA 7-9 TAHUN DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA EDUCATION CENTRE SAMARINDA
Abstract
Setiap individu, tanpa kecuali, berhak atas pendidikan. Semua siswa, termasuk mereka yang menderita autisme, memiliki hak untuk menerima pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Pelajaran pertama dan terpenting yang dipelajari siswa di sekolah adalah membaca. Karena membaca adalah dasar untuk pendidikan tinggi, anak-anak harus mulai menerima instruksi membaca sejak dini. Anak-anak muda yang buta huruf akan merasa sulit untuk mengikuti kuliah berikutnya. Membaca merupakan sarana bagi anak autis, juga bagi anak pada umumnya, untuk memperoleh pengetahuan dan informasi dari sumber bacaan karena menjunjung tinggi prinsip bahwa semua warga negara berhak atas pendidikan yang berkualitas, dan anak autis tidak berbeda. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memastikan apakah stimulasi kartu flash dapat membantu anak-anak autis antara usia 7 dan 9 dengan membaca awal mereka. memanfaatkan proses pengembangan ADDIE selama tiga bulan. Temuan menunjukkan bahwa perilaku target membaca vokal, membaca suku kata, dan membaca dua suku kata dipengaruhi secara positif oleh stimulasi yang diberikan oleh materi pembelajaran kartu flash untuk kemampuan membaca awal anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azani, Teresa Nur. “Peningkatan Membaca Permulaan Menggunakan Media FlashCard Untuk Anak Autis Kelas V Di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul.” Jurnal Widia Ortodidaktik. Vol 7, No 4 (2018)
Puspita, Melisa Dian., Darmawani, Dr. Evia., Jaya, Melinda Puspita Sari. “Pengaruh Pengunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020” PERNIK Jurnal PAUD. Vol 3, No 1 (2020).
Ikma N. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Autistik Kelas VI SDLB Di SKh Negeri 02 Lebak. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Serang.
Sri A. 2019. Penggunaan Flashcard Untuk Mengenal Huruf Pada Murid Autis Kelas Dasar III Di SLB-C YPPLB Makasar. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makasar.
Azhima, Idzni., Meilanie, R. Sri Martini., Purwanto, Agung. “Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5, No 2 (2021): 2008-2016
Widiani, Desti., Wangidah, Siti. “Pendidikan Karakter bagi Anak Autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta.” Jurnal Penelitian. Vol 10, No 1 (2016)
Anisa, Alifah Fuji Yanthi., Attamimi, Naila. “Implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini.” Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur'an. Vol 2, No 2 (2023)
Munthe, Ashiong P., Sitinjak, Jesica Vitasari. “Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan.” JDP. Volume 11, No 3 (2018): 210-228
Saihu. “Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekoah Khusus Asy-syifa Larangan.” Andragogi:Jurnal Pendidikan Islam. Vol 1, No 3 (2019)
Hotimah, Empit. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Semarang Garut.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Vol 04. No 01 (2010): 10-18
Ulfa, Noviana Mariatul. “Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Genius. Vol 1, No 1 (2020)
Website resmi Pelita Bunda Education Centre https://myweb.id/pelitabundasamarinda
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1005-1011
Refbacks
- There are currently no refbacks.