PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL MELALUI PENGOLAHAN KOTORAN KAMBING PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI DESA KARANGPUCUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG

Bayu Sudrajat

Abstract


Pemberdayaan ekonomi lokal merupakan suatu paradigma pembangunan yang mengusung konsep integral untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi semata, melainkan melibatkan berbagai dimensi kehidupan masyarakat, termasuk sosial dan lingkungan. Upaya strategis ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan, inklusif, dan adil. Dengan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait ekonomi lokal, pemberdayaan ini memberikan ruang bagi masyarakat desa untuk mengelola sumber daya lokal dengan bijak. Hal ini dapat melibatkan pelatihan keterampilan, peningkatan akses terhadap pasar, dan pengembangan potensi ekonomi lokal yang berkelanjutan. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal di Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, melalui pengolahan kotoran kambing. Melalui pendekatan berbasis entrepreneurship, tujuan pengabdian ini mencakup aspek keberlanjutan ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Metode pelaksanaan yang digunakan oleh tim pengabdi kepada mitra pengabdian dilakukan melalui beberapa cara yakni metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi dan tanya jawab. Metode pengolahan kotoran kambing diintegrasikan dengan pendekatan pelatihan dan bimbingan teknis kepada anggota kelompok ternak kambing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengolahan kotoran kambing mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pupuk organik dan memperluas peluang usaha di sektor pertanian. Selain itu, keberlanjutan program ini juga dipengaruhi oleh faktor sosial dan partisipasi aktif masyarakat setempat. Artikel ini memberikan wawasan tentang potensi pemberdayaan ekonomi lokal melalui inovasi pengelolaan limbah ternak, memberikan manfaat ekologis dan ekonomis, serta menggambarkan peran masyarakat dalam menjaga keberlanjutan program tersebut.


Keywords


Pemberdayaan, Pengolahan Kotoran Ternak, Kesejahteraan

Full Text:

PDF

References


Bain, A., Kurniawan, W., Has, H., Malesi, L., & Aka, R. (2021). Optimalisasi Usaha Peternakan Kambing Melalui Teknologi Pengolahan Limbah Peternakan untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak Kambing di Kota Kendari. Media Kontak Tani Ternak, 3(1), 21–26.

Gunawan, A., Cornelia, A., Maynard, B., Nugroho, B., Hastiawan, I. F., Tolanda, I., Stevan, M., Budisusanto, P. K., Truly, R., Christy, A., Avila, T., Asri, M., Johana, W., Putra, Y. W., Atma, U., Yogyakarta, J., No, J. B., Depok, K., Sleman, K., & Istimewa, D. (2022). Pemanfaatan Limbah Ternak Sebagai Pupuk Organik untuk Mendukung Pengembangan Sektor Pertanian dan Perkebunan Desa Segoroyoso. Jurnal Atma Inovasia (JAI), 2(4), 382–386.

Mustaqimah, U. (2023). TINJAUAN KOMPREHENSIF PENGEMBANGAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KAIN GOYOR DI DESA WIRUN. SENTHONG: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur, 6(2), 751–760.

Ni Nyoman Ayu Suryandari, D. (2020). PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PUPUK ORGANIK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA PENYARINGAN. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Unmas Denpasar Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020, 77–80.

R. Amaranti, M. S. dan Y. S. R. (2018). PEMANFAATAN KOTORAN TERNAK MENJADI SUMBER ENERGI ALTERNATIF DAN PUPUK ORGANIK. Buana Sains, 12(1), 99–104.

Regar, M. S. A. dan A. F. C. (2022). PENGARUH PENAMBAHAN KOTORAN KAMBING DAN EM4 TERHADAP KUALITAS PUPUK KOMPOS LIMBAH JERAMI PADI DAN PEMANFAATANNYA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM (Amaranthus sp.). Berkala Ilmiah PERTANIAN, 5(2), 99–109.

Subroto, W. T. (2015). MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PENDIDIKAN EKONOMI PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Jurnal Economia, 11(1), 16–25.

Tini Surtiningsih, D. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA KELOMPOK TANI DI KABUPATEN PROBOLINGGO. Jurnal Layanan Masyarakat Universitas Airlangga, 2(1), 21–24.

Yolanda, F. (2015). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA ANTENNA HDF SURABAYA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 231–239.

Zulkarnain Gazali, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DI MA PLUS NURUL ISLAM SEKARBELA MATARAM. ALAMTANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 33–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.973-982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.