PELATIHAN DAN PEMBUATAN LISTRIK SURYA UNTUK PENCAHAYAAN AREA PESANTREN PADA GURU, SISWA TAHFIDZ DAN SISWA

Beni Barliansah, Edah Jubaedah, Johanes Adi Prihantono, Erlian Supriyanto

Abstract


Penggunaan sel surya dapat menjadi solusi permasalahan energi di daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan listrik terkemuka. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Pelatihan dan Produksi Listrik Tenaga Surya untuk Penerangan Area Pesantren dan Pelatihan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online (Pelatihan TIK Kegiatan KBM) di kalangan guru, siswa, dan santri Tahfidz. Hasil dari pengabdian ini adalah sel surya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut dengan menyediakan listrik yang terjangkau dan aman. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Pelatihan dan Produksi Listrik Tenaga Surya untuk Penerangan Area Pondok Pesantren dan Pelatihan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online di kalangan Guru, Siswa, Santri Tahfidz. Selain itu, pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMP Tahfidz Mahkota Al-Hidayah Yayasan Kamilul Hidayah pasti tidak terlepas dari hambatan sebelum terlaksana dengan baik. Faktor penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah kesibukan peneliti selaku dosen yang membutuhkan bantuan untuk membagi waktunya dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pembelian secara online yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk mendapatkan bahan dan peralatan yang diperlukan untuk penerangan listrik tenaga surya. Cuaca yang kurang mendukung karena hujan, sehingga mengganggu pelaksanaan instalasi listrik tenaga surya.


Keywords


Listrik Tenaga Surya, Penerangan Area, Penggunaan Sel Surya, Jaringan Listrik

Full Text:

PDF

References


Alfanz, R., & Haryanto, H. (2016). Rancang Bangun Penyedia Energi Listrik Tenaga Hibrida (Plts-Pltb-Pln) Untuk Membantu Pasokan Listrik Rumah Tinggal. Setrum: Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 4(2), 78-86.

Dewi, A. Y. (2013). Pemanfaatan Energi Surya Sebagai Suplai Cadangan Pada Laboratorium Elektro Dasar Di Institut Teknologi Padang. Jurnal Teknik Elektro, 2(3), 20–28.

Hani, S. (2015). Pembangkit Listrik Energi Matahari Sebagai Penggerak Pompa Air Dengan Menggunakan Solar Cell. Jurnal Teknologi Technoscientia, 157–163.

Haryanto, T. (2021). Perancangan Energi Terbarukan Solar Panel Untuk Essential Load Dengan Sistem Switch. Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana, 10(1), 41-50.

Pangestuningtyas, D. L., Hermawan, H., & Karnoto, K. (2014). Analisis Pengaruh Sudut Kemiringan Panel Surya Terhadap Radiasi Matahari Yang Diterima Oleh Panel Surya Tipe Larik Tetap. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 2(4), 930-937.

Safrizal, S. (2017). Rancangan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Listrik Pada Gedung Fakultas Sains Dan Teknologi Unisnu Jepara. Jurnal Disprotek, 8(2).

Syukri, M. (2010). Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Terpadu Menggunakan Software Pvsyst Pada Komplek Perumahan Di Banda Aceh. Jurnal Rekayasa Elektrika, 9(2), 77-80.

Tamimi, S., Indrasari, W., & Iswanto, B. H. (2016, October). Optimasi Sudut Kemiringan Panel Surya Pada Prototipe Sistem Penjejak Matahari Aktif. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, Pp. Snf2016-Cip).

Widodo, D. A., & Andrasto, T. (2010). Pemberdayaan Energi Matahari Sebagai Energi Listrik Lampu Pengatur Lalu Lintas. Jurnal Teknik Elektro, 2(2), 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4752-4760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.