PENGUATAN KARAKTER ANAK: PERILAKU MEMILAH SAMPAH DAN KETELADANAN AKHLAK NABI

Ndzani Latifatur Rofi'ah, Dwimei Ayudewandari Pranatami, Hafidha Asni Akmalia, Dian Tauhidah

Abstract


Sampah masih menjadi masalah bagi masyarakat di Indonesia. Perilaku memilah sampah menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak masalah sampah terutama sampah plastik. Usia anak menjadi usia optimal untuk melatihkan karakter menjaga lingkungan, melalui perilaku memilah sampah. Penguatan karatkter dapat didukung dengan meneladani akhlak nabi dalam kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguatkan karakter anak melalui perilaku memilah sampah dan keteladanan sifat nabi. Kegiatan dilakukan dengan metode bermain dan belajar dengan teknik ceramah (penyampaian materi), menonton video, dan permainan. Hasil kegiatan dapat memberikan wawasan kepada anak-anak terkait dengan kegiatan pelestarian lingkungan melalui pemilahan sampah dan pembentukan karakter meneladani sifat nabi. Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta mengikuti dengan antusias dan lebih memahami pentingnya menerapkan perilaku memilah sampah dengan diimbangi meneladani sifat nabi. Kegiatan serupa perlu dilakukan kembali hingga anak-anak dapat menerapkan pemahaman mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Anak Usia Dini, Menjaga Lingkungan, Penguatan Karakter, Sifat Nabi

Full Text:

PDF

References


Buchanan, J., Pressick-Kilborn, K., & Maher, D. (2019). Promoting environmental education for primary school-aged students using digital technologies. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(2). https://doi.org/10.29333/ejmste/100639

Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, 4(1), 42–51.

Dewi, R. E., Setiyaningrum, N., Hapsari, A. S., & Pradana, F. G. (2022). Pemilahan Sampah dengan Cara Paksa Pilah Sampah dari Rumah. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 10(2), 225–235. https://doi.org/10.18196/berdikari.v10i2.15729

Djoehaeni, H. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edutech, 13(1), 1. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3216

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Hasnawati. (2020). Akhlak Kepada Lingkungan. Jurnal Pendais, 2(2), 203–218.

Hidaya, N. & Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Sektor Informal di Kota Makassar (Kasus Pedagang Kaki Lima). Jurnal Hawa, 2(1), 11–22.

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482

Kurniati, E., Mirawati, M., Rudiyanto, R., Fitriani, A. D., Rengganis, I., & Justicia, R. (2020). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.433

Matthews, M. R. (1998). The Nature of Science and Science Teaching. International Handbook of Science Education, 981–999. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=ED031395

Nath, B. (n.d.). SA NE M SC PL O E – C EO AP LS TE S M SC PL O E – C EO. I.

Pramiati Purwaningrum. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik. Upayah Mengurangi Timbulan Sampah Plasti K Di Lingkuangan, 8(2), 141–147.

Priyatna, A., Meilinawati, L., & Subekti, M. (2017). Pengenalan Pola Hidup Berwawasan Lingkungan Pada Ibu Dan Anak Di Paud Siti Fatimah, Kota Cirebon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 348–351.

Putri, S. U., & Nikawanti, G. (2018). Pengenalan Green Behaviour Melalui Ecoliteracy Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10538

Rabiah Adawiyah, A. S., & Dewinggih, T. (2021). Pendidikan Lingkungan pada Anak Usia Dini Melalui Environmental Education for Early Childhood Trough the Provision of Trash Bins and Simulation Methods. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(November), 11–23.

Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7

Sawitri, D. . (2016). Early Childhood Environmental Education in Tropical and Coastal Areas : A Meta-Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 55. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Siti Rabiatul Adawiyah. (2022). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90–108. https://doi.org/10.24239/msw.v14i1.984

Stanisic, J. (2016). Characteristics of teaching environmental education in primary schools. Inovacije u Nastavi, 29(4), 87–100. https://doi.org/10.5937/inovacije1604087s

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10768




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1152-1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.