EDUKASI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Nandang Koswara, Saiful Bahri, Hayaturrohman Hayaturrohman, Moch. Abd. Rahman

Abstract


Minimnya pemahaman guru Pendidikan Agama Islam akan moderasi beragama baik yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan terhadap esensi ajaran agama, atau kurang menyaring informasi yang didapatkan dari media sosial seringkali menimbulkan pemahaman atau bahkan perilaku yang bersifat ekstrim dan radikal yang akhirnya cenderung akan bersikap intoleran terhadap orang lain yang berbeda pemahaman, dan ini akan berakibat fatal ketika diajarkan kepada peserta didik. Melihat fenomena seperti ini, maka Guru PAI perlu diberikan edukasi mengenai moderasi beragama sehingga nantinya bisa mengajarkan kepada peserta didik.  Edukasi ini dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan dengan menjadikan sembilan prinsip moderasi beragama sebagai materi utama. Hasil dari kegiatan ini guru-guru mendapatkan pencerahan terkait pemahaman mereka akan esensi moderasi beragama dan bisa mengimplementasikannya dalam pembelajaran PAI di tempat mereka mengajar. Dan dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan, sikap peserta didik sudah mencerminkan perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip moderasi beragama.


Keywords


Edukasi, Moderasi Beragama, Penguatan Karakter

Full Text:

PDF

References


Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, W., Suhendar, W. Q., Barnansyah, R. M., Anwar, S., Purwanto, Y., Yani, M. T., 2022. Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

Nasrullah, M. H., Khafiyya, N., Zulkhaini, I. A., Putra, A. F. M., (2022), Moderasi Beragama sebagai Penguatan Karakter pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam, 2nd ICIE: International Conference on Islamic Education, https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/177

Saefudin, A., Munir, A. A., Novitasari, S. P., Rahmah, A., Ummah, K., (2023), Integrasi Nilai-nilai Moderasi Beragama ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI SMP Kelas IX, Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21 (3), 262-274.

Saifuddin, L. H. (2019), Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian RI, cet. 1 (2019).

Sholehuddin, (2023) Sembilan Kata Kunci Moderasi Beragama, Materi ToT Penguatan Moderasi Beragama.

Sya’bani, M. A. Y., Sejati, Y. G., Fatmawati, A. F., (2020), Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Wasathiyyah melalui Budaya Moderasi Beragama sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kerukunan, dan Toleransi Umat Beragama di Kebomas Gresik, Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 3, No. 2, Hal. 271-276.

Syamsuriadi, Mangenre, M. F., Rahmatunnair, Hidayat, LD. D., Hasanuddin, S., Hanafi, S., (2023), Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Gen-Z Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bugis di Kecamatan Ulaweng Provinsi Sulawesi Selatan, Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 6. No. 2, Hal. 774-788

Syihab, M. Q. (2020), Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragam, Tanggerang: Lentera Hati.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.798-804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.