LITERASI DIGITAL UNTUK MEMPERKENALKAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DI TK LILY PRE SCHOOL, DEPOK

Henki Bayu Seta, Theresiawati Theresiawati, Zatin Niqotaini, Tri Rahayu, Jayanta Jayanta

Abstract


Pengetahuan tentang rambu lalu lintas dan ketertiban lalu lintas di jalan raya sangat penting untuk dikuasai masyarakat. Gangguan pengguna jalan akan menimbulkan risiko kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Penting sekali untuk belajar mengenal rambu lalu lintas sejak dini. Literasi digital, yaitu metode pembelajaran yang dapat digunakan dan sejalan dengan perkembangan teknologi dengan menggunakan media digital untuk belajar dan bermain pengenalan rambu lalu lintas. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan literasi digital, pengenalan rambu lalu lintas di jalan, pembelajaran sambil bermain pada anak usia dini. Selama kegiatan berlangsung, siswa TK Lily antusias dalam mempelajari dan menjawab kuis yang diberikan serta berhasil mencocokkan rambu lalu lintas dan fungsinya.


Keywords


Literasi digital; Rambu lalu lintas; Anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Hasyim, H. (2023). Pembinaan Dan Pengenalan Budaya Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Sambil Belajar Bagi Siswa Paud Kumara Asih Di Kota Mataram. Jurnal Portal Abimas UNRAM, 1(1), 68-73.

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding digital literacies: A practical introduction. Routledge.

Miranda, D., Marmawi, R., Linarsih, A., & Amalia, A. (2022). Pengenalan Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3844-3851

.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.

Raharjaa, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru PAUD dalam Penilaian Perkembangan Anak di Masa Pandemi Covid-19.

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115-133.

Saleh, A., Anggraini, M., & Efastri, S. M. (2019). Pemahaman Parenting Orang Tua Terhadap Keselamatan Lalu Lintas Untuk Anak Usia Dini Di TK Karya Bunda. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.

Salehudin, M. (2020). Literasi digital media sosial youtube anak usia dini.

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80.

Taufan Sukma, Angka Kecelakaan Lalu Lintas 2023 naik 6,8 persen, Tingkat Fatalitas Turun, https://www.idxchannel.com/news/angka-kecelakaan-lalu-lintas-2023-naik-68-persen-tingkat-fatalitas-turun diakses pada 5 Januari 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.654-658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.