PENDAMPINGAN KELAS BAHASA INGGRIS UNTUK PARA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN MIFTAHUL ULUM TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Jhoni Eppendi, Ramli Ramli, Woro Kusmaryani

Abstract


Keterampilan komunikasi merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang karir dan kolaborasi. Motivasi yang rendah berdampak pada kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Kondisi ini memberi peluang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdampak terhadap lingkungan sekitar khususnya di wilayah pesisir, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan motivasi belajar. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Miftahul Ulum Tarakan dengan menggunakan metode Collaborative Learning. Program ini dapat mempengaruhi antusiasme siswa pada kelas EFL (English as a Foreign Language). Secara kolaboratif, siswa mengenali kosakata baru, pengucapan yang lebih akurat, dan tata bahasa yang lebih terstruktur. Siswa juga terlihat percaya diri dalam menjawab pertanyaan dan merespon materi yang diberikan. Sebagai kesimpulan, diperlukan kolaborasi yang kuat antara jurusan Bahasa Inggris dan sekolah untuk berbagi praktik terbaik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dan merekomendasikan agar guru dan sekolah mengenali karakteristik dan kompetensi siswa dalam Bahasa Inggris dan memadukan kembali strategi belajar mengajar yang bervariasi dan menarik sehingga siswa dapat belajar dengan baik. mengembangkan motivasi dan berpartisipasi secara optimal dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, meningkatkan prestasi belajar, mempersiapkan siswa untuk menggunakan keterampilan berbahasa dalam kehidupan nyata.


Keywords


Pendampingan, Pembelajaran Bahasa Inggris, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Baker, W. (2018). English as a Lingua Franca and Intercultural Communication. In J. Jenkins, W. Baker, & M. Dewey, The Routledge Handbook of English as a Lingua Franca (pp. 25-36). NY: New York: Routledge.

Murali, V., & Chaitanya, K. (2023). Professional communication skills in English for non-native English speaking engineering students in the context of Telangana state: Its challenges. AIP Conference Proceedings. 2794, pp. 1-12. AIP Publishing.

Fang, F., & Liu, Y. (2020). ‘Using all English is not always meaningful’: Stakeholders’ perspectives on the use of and attitudes towards translanguaging at a Chinese University. Lingua, 247(102959).

Anokye, B. (2022). Attitudes and Motivation towards English Language Learning in Senior High Schools: A case study of Accra Senior High School, Ghana. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 4(2), 86-94.

Rabin, E., Henderikx, M., Kalman, Y. M., & Kalz, M. (2020). What are the barriers to learners’ satisfaction in MOOCs, and what predicts them? The role of age, intention, self-regulation, self-efficacy, and motivation. Australasian Journal of Educational Technology, 36(3), 119-131.

Afshari, A., Tajeddin, Z., & Abbasian, G.-R. (2019). Sources of Demotivation among English Language Learners: Novice and Experienced Teachers’ Beliefs. Journal of Modern Research in English Language Studies, 6(4), 81-95.

Agostinelli, F., Doepke, M., Sorrent, G., & Zilibotti, F. (2022). When the great equalizer shuts down: Schools, peers, and parents in pandemic times. Journal of Public Economics, 206(104574).

Ramli, R., Fitriawati, F., Winarno, W., Woro, K., Setyawan, F. H., & Arifin, A. (2023). Pendampingan Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 37-43.

Yudhoyono, S. B. (2005, Desember 30). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Retrieved from Peraturan BPK: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Wonorahardjo, S., & Dasna, I. W. (2021). MOOC untuk Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 320-325). Malang: UM.

Purnomo, A. B. (2022). Merdeka Belajar Dan Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat. KOCENIN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.633-641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.