PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK DENGAN TEKNIK DEKOMPOSISI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI TANAMAN SAYUR DI DESA JAMUR LABU KABUPATEN ACEH TAMIANG

Suheri Suheri, Muhammad Amin, Teuku Azuar Rizal, Syamsul Bahri Widodo, Zainal Arif, Ananda Habibi, Banta Cut

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan petani sayur melalui Kelompok Tani Sri Lestari di Desa Jamur Labu Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan limbah organik dengan teknik dekomposisi menjadi pupuk untuk tanaman sayur. Teknik dekomposisi merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengolah limbah organik menjadi pupuk yang ramah lingkungan. Teknik ini sangat cocok digunakan bagi para petani dalam mengolah limbah organik menjadi pupuk untuk tanaman sayur. Limbah organik dapat diperoleh dari beberapa sumber diantaranya, daun kering, limbah buah, kotoran ternak dan jenis limbah yang dapat terurai dengan baik. Proses pembuatan limbah organik melalui teknik dekompisisi dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama, siapkan wadah tertutup sebagai media pengolahan pupuk. Kedua, masukkan jenis limbah organik ke dalam wadah dan dilapisi kotoran ternak. Ketiga, tambahkan larutan bakteri untuk mempercepat proses pembusukan limbah kemudian tutup wadah dan tunggu beberapa hari hingga pupuk dapat digunakan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para petani sebagai peserta yang merupakan warga Desa Jamur Labu dan mayoritas berprofesi sebagai petani tanaman sayur. Seluruh peserta mengikuti dan melaksanakan semua tahapan kegiatan dengan sangat baik dan termotivasi untuk mengembangkan teknik dekomposisi dalam mengolah limbah organik. Para petani berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan agar menjadi salah satu solusi sebagai upaya menyelesaikan masalah penggunaan pupuk kimia dan menghemat biaya produksi pada tanaman sayur.


Keywords


Dekomposisi, Limbah Organik, Tanaman Sayur

Full Text:

PDF

References


Amin, M., Amir, F., Umar, H., & Thaib, R. (2019). Pelatihan pembuatan kulkas pot tanpa listrik dari tanah liat sebagai penyimpanan dingin sayur dan buah. 3(2).

Budi, T., Jurusan, K., Fakultas, A., Unud, P., & Sudirman, J. P. B. (2013). Kualitas Kompos dari Berbagai Kombinasi Bahan Baku Limbah Organik.

Dwi Nugroho, A., & Rahayu Waluyati, L. (2018). Upaya Memikat Generasi Muda Bekerja pada Sektor Pertanian di Daerah Istimewa Yogyakarta. In JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Vol. 6, Issue 1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Erviana, V. Y., Mudayana, A. A., & Suwartini, I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengolahan Limbah Organik. Jurnal SOLMA, 8(2), 339. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3697

Fikriman. (2017a). Transformasi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. Jurnal Agri Sains, 1(2).

Fikriman. (2017b). Transformasi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. Jurnal Agri Sains, 1(2).

Hamdiani, S., Ismillayli, N., Raudhatul Kamali, S., & Hadi, S. (2018). Pengolahan Mandiri Limbah Organik Rumah Tangga Untuk Mendukung Pertanian Organik Lahan Sempit. J. Pijar MIPA, 13(2), 151–154. https://doi.org/10.29303/jpm.3i2.462

Inka Dahlianah. (2015). Pemanfaatan sampah organik sebagai bahan baku pupuk kompos serta pengaruhnya terhadap tanaman dan tanah. Klorofil, 10(13).

Makmur, M., Kusnoputranto, H., Moersidik, S. S., & Wisnubroto, D. S. (2012). Pengaruh Limbah Organik Dan Rasio N/P Terhadap Kelimpahan Fitoplankton Di Kawasan Budidaya Kerang Hijau Cilincing (Vol. 15, Issue 2).

Mulyani, C., Saputra, I., & Kurniawan, R. (2018). Pengaruh Media Tanam Dan Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao, L) (Vol. 5, Issue 2).

Nurul Latifah, R., Sri Rahayu Jurusan Biologi, Y., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2012). Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Bahan Pupuk Cair untuk Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah (Alternanthera ficoides).

Satriawi, W., Wukir Tini, E., Achmad Iqbal, dan, Jendral Soedirman, U., Studi Agroteknologi, P., & Pertanian, F. (2021). Pengaruh Pemberian Pupuk Limbah Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 19(2). https://doi.org/10.25181/jppt.v19i2.1324

Suheri, S., Arif, Z., Bahri Widodo, S., Azuar Rizal, T., & Ilham Awang, A. (2022). Implementasi Mesin Tanam Padi Sistem Mekanik Untuk Meningkatkan Efektifitas Proses Penanaman Padi Pada Kelompok Tani Wanita Ayu Kencana Di Aceh Tamiang. 6(3).

Yulistia, E., & Chimayati, R. L. (2021). Pemanfaatan Limbah Organik menjadi Ekoenzim. UEEJ-Unbara Environment Engineering Journal, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.872-879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.