PELATIHAN PEMBUATAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Ernawati Ernawati, Sintha Wahjusaputri, Hari Setiadi, Rini Yaumi Habibah, Fenni Kurniawati Ardah, Inda Hamidah

Abstract


Adanya perhatian global terhadap literasi dan numerasi sebagai kecakapan inti memberikan respon pemerintah dengan menghadirkan Asesmen Kompetensi Umum (AKM). AKM yang mulai berlaku pada tahun 2021 merupakan skema baru asesmen nasional yang dihadirkan Kementarian Pendidikan untuk mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu, Sosialisasi secara masif terhadap guru-guru setiap jenjang merupakan langkah yang perlu diambil agar guru-guru dapat memahami dan mengaplikasinnya. AKM memiliki kerangka soal yang cukup berbeda dari ujian pada umumnya. Oleh karena itu, pembuatan soal AKM pun perlu diperkenalkan dan dilatih untuk dapat diaplikasikan pada lembaga pendidikan. Terkait dengan pembuatan soal tersebut, PKM SPS UHAMKA mengadakan kegiatan dengan topik “Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS)”. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa artikel pada media daring dan publikasi video melalui youtube. Adapun kegiatan ini memberikan manfaat berupa pengetahuan baru bagi para pesertanya

Keywords


Pelatihan, AKM, HOTS

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1 i1.28

Astuti, I., & Mering, A. (2022). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Pontianak Menyusun Soal Asesmen Kompetensi Minimal. Jurnal Education and Development, 10(1), 602–609.

Driana, E., Susilowati, A., Ernawati, E., & Ghani, A. R. A. (2021). Assessing Students’ Higher-Order Thinking Skills: Knowledge and Practices of Chemistry Teachers in Vocational Senior Secondary Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 27(1), 37–47.

https://doi.org/10.21831/jptk.v27i1.32 882

Gultom, S. T., Siahaan, P., & Suhandi, A. (2021). Effect of PBL Hybrid Learning on the Higher Order Thinking Skills of Seventh Grade Students in Global Warming and Their Environmental Care Attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 272–280. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7isp ecialissue.1012

Hartana, A., Punajii, S., & Dedi, K. (2016). Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi Igantian (REflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(4), 765–779.

Julianti, K., & Damaianti, V. S. (2022).

Analisis Pemahaman Guru Mengenai Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Tuah:




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.603-611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.