PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS STAIN MANDAILING NATAL

Rica Umrina Lubis, Sartika Dewi Harahap, Nur Haira, Asmaul Husna

Abstract


Pelatihan penyusunan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis aplikasi canva adalah sebuah metode modern dalam pengembangan materi pelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan canva sebagai platform desain grafis yang user-friendly memungkinkan pendidik untuk membuat materi ajar yang menarik dan berkualitas tinggi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara membuat desain visual yang menarik, menggunakan berbagai elemen desain seperti teks, gambar, dan ikon serta mengoptimalkan tata letak untuk memberikan pesan yang jelas dalam bahan ajar Bahasa Inggris short functional text. Peserta pelatihan ini adalah mahasiswa semester VI Tadris Bahasa Inggris berjumlah 17 orang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasil dari pelatihan ini adalah 1) mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang penggunaan aplikasi canva dalam menyusun bahan ajar Bahasa Inggris. 2) mahasiswa dapat membuat bahan ajar short functional text seperti notice, announcement, warning, dan invitation card menggunakan aplikasi canva.


Keywords


Bahan ajar, Canva, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2008). Instrumen Pengawas Sekolah (1st ed.). Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departeme Pendidikan Nasional.

Elisa, E., & Simanjuntak, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Online Untuk Kreasi Pembelajaran Pada Himpaudi Batam Center. Jurnal Padi, 4(2), 15–19. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19402.

Irsan, I., G, A. L. Nurmaya., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434.

Magfirah, N., Djunur, L. H., & Thahir, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva For Edu. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 776–783. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2631.

Resmini, S., Satriani, I., dan Rafi, M. 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4 (2): 335-343.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). http://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952.

Solihah, S., & Zakiah, N. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Kreativitas Dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 1041-1050. doi:http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099.

Sugiyanto, S., Pinandita, T., & Jamaludin, H. (2021). Pelatihan Desain Grafis Dengan Menggunakan Canva Pada Desa Rempoah Graphic Design Training Using Canva In Rempoah Village. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Judika), 2(2), 1–7.

Supriyanto. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui Kegiatan In House Training Di SD Negeri 1 Babaktulung Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. ASAS WA TANDHIM, 1(2), 107–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.515-521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.