PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL "STORY WEAVER & LET'S READ" PADA GURU TK UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Hayani Wulandari, Annisa Silvyani Zakia, Ardhita Putri Zakiya, Liana Lestari, Sulastri Nurmalasari

Abstract


StoryWeaver dan Let’s Read adalah dua platform inovatif yang dirancang khusus untuk mendukung pengembangan literasi anak usia dini melalui pendekatan digital yang interaktif. Pelatihan ini bertujuan untuk melihat dampak pelatihan pemanfaatan teknologi digital, khususnya story weaver dan let’s read, terhadap kompetensi guru TK dalam mengembangkan pembelajaran anak usia dini. Metode pelatihan ini menggunakan studi lapangan yaitu wawancara dan workshop, pelatihan ini berfokus pada penerapan alat digital dalam meningkatkan keterampilan bercerita dan membaca. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan tersebut berhasil meningkatkan keterlibatan guru dan meningkatkan daya tarik dalam memanfaatkan alat digital untuk pembelajaran anak suai dini.


Keywords


Story weaver, Let’s Read, AUD

Full Text:

PDF

References


Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480.

Anggita, I. S., Yusuf, H., Naimah, N., & Putro, K. Z. (2022). Pedoman literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697-4704.

Dini, K. K. A. U. (2022). Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697-4704.

Ermerawati, A. B. (2019). The Application of Let’s Read! in Extensive Reading Class: Integrating MALL and Task-based Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 317–329. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.20870

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201-208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088

Hasbullah. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/3770

Ismi, I.N., dkk. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Let’s Read Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(9), 1520-1529. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58042

Kempa, R., Lambertus, L., & Vando, K.M. (2023). Hubungan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD Berbasis Bahasa Sehari-Hari di Kota Ambon. Jurnal Obsesi : Jurnal Anak Usia Dini, 7(1), 963-970. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Kusumaningtias, I. T., & Hafzotillah, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Guru PAUD Melalui Video Pembelajaran menggunakan PPT. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 103-108.

Maranatha, J. R., dkk (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI QIZIZZ BAGI GURU-GURU TK MENTARI PURWAKARTA, 20(2), 118-130. DOI: https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.1

Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read sebagai Media Membaca Nyaring untuk Anak Usia Dini. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1

Nastiti, D. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Literasi Digital. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(3), 144-153.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115-133.

Samsiyah, N., Suharto, V. T., & Maruti, E. S. (2020). Literacy Literature Learning with Let’s Read Applications in the Pandemic Era. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 11(1), 57–62. https://doi.org/10.24114/jh.v11i1.18666

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128.https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Wilson, & Indarto, W. (2015). Hubungan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dengan Kinerja Guru Pendidik Anak Usia Dini Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial 4(2). http://doi.org/10.33578/jpsbe.v4i2.3382

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.562-570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.