PROFESIONALISME GURU DENGAN SEMANGAT MGR. GEISE DALAM MENDIDIK SISWA GEN-Z

Yohanes Driyanto, Yasintha Soelasih

Abstract


Nilai filosofis dalam suatu organisasi adalah sangat penting. Hal ini akan memberikan arah dan menentukan organisasi dalam mengejar perbaikan dan perkembangannya. Pada kenyataannya, sumber daya manusia yang terlibat tidak selalu mengerti nilai-nilai itu dengan baik. Karena itu, adalah keharusan mengajarkan nilai terutama kepada sumber daya manusia organisasi. Yayasan Mardi Yuana menjadikan pengajaran nilai itu sebagai perhatiannya. Pendirinya, Mgr. Geise, telah meletakkan nilai-nilai yang mendasar bagi organisasinya. Untuk mengajarkan nilai itu kepada setiap orang yang terlibat, khususnya para guru, kegiatan atau pelatihan organisasi dilakukan. Tujuannya adalah perubahan perspektif yang cocok dengan pemikiran dan angan-angan pendiri. Pada gilirannya, para guru akan memberikan pembelajaran yang paling baik untuk para murid, yang termasuk generasi-Z. Hal ini sekaligus merupakan sumbangan kepada pemerintah yang mengajar para murid mengenai hidup bernegara.  Profesionalisme pendidik terjadi di sini dalam pembelajaran yang membuat murid-murid merdeka, bertanggungjawab, dan mencintai dalam kebenaran. Dengan demikian, karakteristik Yayasan mardi Yuana tapak demi tapak dipancarkan dalam keorganisasian


Keywords


profesionalisme, penyampaian nilai, guru, siswa, generasi-Z

Full Text:

PDF

References


Congregation For The Doctrine Of The Faith, Decl. ahli bahasa R. Hardawiryana SJ. 2001. Dominus Iesus, On The Unicity And Salvific Universality Of Jesus Christ And The Church. Vol. 60.

Nugroho, Budi Arianto Yohanes, Dwinita Laksmidewi, Yasintha Soelasih, and Sumani. 2021. “Pelatihan Persiapan Orang Tua Murid SD Katolik Nusa Melati Jakarta Timur Dalam Menghadapi Sekolah Online Di Era New Normal.” Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (3): 840–46.

Paul VI, Ap. Exhort ahli bahasa J. Hadiwikarta, Pr. 1975. Evangelii Nuntiandi (Mewartakan Injil). Seri Dokumen Gereja Gereja. Vol. 6.

Paulus II, Yohanes ahli bahasa Frans Borgias & Alfons S. Suhardi, OFM. 1990. Redemtoris Missio (Tugas Perutusan Sang Penebus). Seri Dokumen Gerejawi No. 14. Roma.

Soelasih, Yasintha, and Sumani. 2023. “Pelatihan Pemikiran Kreatif Untuk Anak SMA.” Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6 (5): 1577–82.

Sumani, Christine Winstinindah S, Yasintha Soelasih, and Rilo Pambudi. 2023. “Strategi Komunikasi Di Dalam Organisasi.” Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6 (2): 568–73.

Theodoridis, Theodoros, and SJ Kraemer, Juergen ahli bahasa R.P. Albertus Bagus Laksana. 2020. Veritatis Gaudium. Roma.

Vatican Council II. 1965. Gravissimum Educationis.

Winstinindah S, Christine, Yasintha Soelasih, and Sumani. 2022. “Pelatihan Etos Kerja Dan Kerja Sama Tim Dalam Dunia Kerja.” Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (6): 2249–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.755-761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.