IbM PELATIHAN FORMULASI SABUN PADAT TRANSPARAN MINYAK SEREH (Cymbopogon nardus) KEPADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 8, BATU

Uswatun Chasanah, Dian Ermawati, Dyah Rahmasari

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar sudah dirancang untuk mata pelajaran life skill, menampung minat dan bakat para siswa pada semua bidang.  Pada kurikulum merdeka belajar, di tingkat pendidikan dasar selain diberikan mata pelajaran umum juga disajikan mata pelajaran seni dan prakarya serta muatan local. Mata pelajaran seni dan prakarya meliputi Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya. SMP Muhammadiyah 08 Batu sudah mengacu pada Kurikulum Merdeka Belajar, di SMP Muhammadiyah 08 Batu sudah menyajikan mata pelajaran seni dan prakarya, yakni seni lukis dan tari. Guna memerkaya kegiatan mata pelajaran life skill maka telah dilaksanakan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) di SMP Muhammadiyah 08 Batu yakni pelatihan formulasi sabun padat transparan yang mengandung minyak sereh. Rangkaian acara diawali dengan pemberian materi tentang sabun padat transparan, kemudian dilanjutkan kegiatan praktek pembuatan sabun oleh para siswa-siswi dengan didampingi oleh tim. Pelaksanaan pelatihan berlangsung dengan baik dan tertib. Untuk mengukur kepuasan, kesan, dan hasil formulasi sabun yang telah dibuat oleh para siswa, maka mereka diminta untuk mengisi kuisioner. Kegiatan ini menyenangkan bagi siswa, mereka mudah untuk membuatnya dan 75% responden menyatakan ingin memcoba membuat sabun transparan minyak sereh ini secara mandiri.


Keywords


IbM; formulasi sabun padat trasnpara; minyak sereh; SMP Muhammadiyah 08 Batu

Full Text:

PDF

References


Juniardi. (2022). Penjelasan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar SMP Kelas 7,8 dan 9 - Quipper Blog. 2022. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/struktur-kurikulum-merdeka-belajar-smp/

Karo, A. Y. (2011). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Jenis Minyak terhadap Mutu Sabun Transparan. In Institut Pertanian Bogor.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3017/2510

Yuda, A. (2023). Pengertian Prakarya, manfaat, Tujuan, dan Contohnya yang Perlu Dipahami. https://www.bola.com/ragam/read/4616929/pengertian-prakarya-manfaat-tujuan-dan-contohnya-yang-perlu-dipahami#:~:text=Manfaat dan Tujuan Prakarya,-1.&text=Menumbuhkan sifat inovatif dan kreatif,sebuah kesabaran dan berpikir praktis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.484-489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.