REKA BARU PEMANFAATAN UBI JALAR PADA PENGOLAHAN ICE CREAM BAGI IBU RUMAH TANGGA DI DESA ALAI SELATAN, KEC MUARA ENIM

Vivi Okta Marinda, Riski Sherlyani, Muhammad Rhomadoni, Fauziah Apriani, Mutiara Kemala Ratu

Abstract


Ubi jalar ungu memiliki dua kegunaan, yaitu dapat digunakan untuk produk ice cream atau direbus. kentang adalah makanan tradisional yang ditambahkan ke ice cream untuk memberikan keragaman dan manfaat kesehatan dari antosianin dan antioksidannya. Tujuan layanan ini adalah untuk mendidik pengguna tentang banyak manfaat kesehatan dari ubi jalar ungu. melaksanakan tugas kami, kami menggunakan teknik konsultasi untuk dukungan pelatihan dan pembuatan produk. Temuan ini menunjukkan bahwa perempuan Desa Alai Selatan sudah sadar akan manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan dan mampu memproduksi produk ice cream, yang akan memungkinkan mereka untuk melanjutkan pendidikan dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.


Keywords


ice cream, Ubi Ungu, Diverifikasi, Alai Selatan

Full Text:

PDF

References


Ekoningtyas, E. A., Triwiyatini., & Nisa, F. (2016). Potensi kandungan kimiawi dari ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) sebagai bahan identifikasi keberadaan plak pada permukaan gigi. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(1): 1-6.

Jannah, M., Rizka, M. S., & Arya, U. (2016). Pengaruh penambahan tape ubi ungu dan jamur kuping terhadap daya terima, overrun dan titik leleh eskrim. Jurnal Teknologi Pangan,7(2): 74-85.

Khaldun, I., Erlidawati., & Munzair. (2013). Kestabilan zat warna alami dan umbi ketela ungu (Ipomoeabatatas). Journal of Chemistry & Chemistry Education, 1(1).34– 40.

Marshall, R.T., & Goff. Formulating and manufacturing ice cream an do ther frozen desserts.FoodTechnology,57(5): 32-45.

Rachmawanti,D.,&Handajani,S.(2011).Eskrim ubi jalar ungu (Ipomoea batatas): Tinjauan sifat sensoris, fisik, kimia dan aktivitas antioksidannya. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian,4(2):94-103.

Samber, N. L., Semangun, H., & Prasetyo. B. (2013). Ubi jalar ungu papua sebagai sumber antioksidan. Proceeding Biology Education Conference,10(3): 1-5.

Ticoalu, G. D., Yunianta., & Maligan, J. M. (2016). Pemanfaatan ubi ungu (Ipomoea batatas)sebagai minuman berantosianin dengan proses hidrolisis enzimatis. Jurnal Pangandan Agroindustri,4(1): 46-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.472-474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.