PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) BERBASIS EXCEL FOR ACCOUNTING (EFA)

Titis Indah Widyawati, Fahmi Poernamawatie, Hari Setiono, Ahmad Dahlan, Azhari Atul Aini, Dinda Andrianti

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diwajibkan untuk menyajikan laporan keuangan yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) sebagai perwujudan pertanggungjawaban perusahaan serta untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Selain itu, laporan keuangan yang kredibel dan andal akan memudahkan UMKM untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan dari lembaga perbankan untuk pengembangan usaha. Laporan keuangan yang baik harus dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. PT ESTIMA adalah sebuah industri UMKM yang bergerak pada bidang elektronik dan pemesinan yang berlokasi di Jalan Matoa Raya No. 18 Bulak Indah, Kel. Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. PT ESTIMA sebelumnya telah berusaha dengan maksimal untuk menyusun laporan keuangannya. Namun, dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keahlian personalia bagian keuangan, PT ESTIMA masih belum mengimplementasikan SAK EMKM pada saat melakukan pencatatan laporan keuangannya. Penyusunan laporan keuangan yang masih sederhana juga menyebabkan PT ESTIMA terlalu lama dalam proses penyajian laporan keuangan. Berdasarkan pemaparan tersebut, tim pengabdian masyarakat mengadakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan yang bertujuan untuk menambah tingkat pengetahuan PT ESTIMA terhadap SAK EMKM dan meningkatkan keahlian dalam pembuatan desain laporan keuangan menggunakan Excel For Accounting (EFA). Metode pelatihan dan pendampingan ini adalah observasi, pemaparan materi, diskusi dan praktik kerja dengan rentang wakti pendampingan selama lima bulan, dan alur kegiatan pendampingan yang terdiri dari: observasi permasalahan mitra, persiapan kegiatan pengabdian masyarakat, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini merupakan salah satu implementasi Tri Darma Perguruaan Tinggi dengan cara membantu pertumbuhan dan perkembangan salah satu industri UMKM di Indonesia.


Keywords


Laporan Keuangan, SAK EMKM, EFA

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G., Pertama, W., & Sutapa, I. N. (2020). TINGKAT PENERAPAN SAK EMKM PADA PELAKU UMKM DAN. 12(1), 63–68.

Byrd, M. J., & Megginson, L. (2000). Small Business Management: An Entrepreneur’s Guidebook (8th ed.). Irwin McGrawm-Hill.

Farina, K., & Opti, S. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 95-102.

Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto, A. B. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi …, 9(2), 147–160. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/21010

Halim, K. I. (2022). PENDAMPINGAN PERANCANGAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN APLIKASI AKUNTANSI EXCEL. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(2), 383-389.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kurniawan, E., Affar, M., Rianto, R., & Octaviani, A. D. (2022). Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-EMKM Berbasis Microsoft Excel pada Kanein Food di Jatirasa, Bekasi. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 119–129. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i2.1666.

Lestari, Marlinah, A., & Syarlis, M. F. (2023). Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Sak Emkm Menggunakan Microsoft Excel.. ( Studi Kasus Pada UD-Tani Maju di Kec . Biringbulu Kab . Gowa ). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 215–224.

Manehat, B. Y., & Sanda, F. O. (2022). Meninjau Penerapan SAK EMKM Pada UMKM Di Indonesia Sebuah Studi Literatur. Jurnal Riset No Name. 2020.

No Name. PT Surya Tekno Mandiri (ESTIMA). Diakses melalui https://estima.co.id/ pada 19 Desember 2023. Mahasiswa Akutansi, X(1), 2–11.

Ratna, I., & Marwati, M. (2018). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Yang Delisting Dari Jakarta Islamic Index Tahun 2012-2016.

Rohmah, N. N., & Hastuti. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM Berbantuan Microsoft Excel. Indonesian Accounting Literacy Journal, 1(3), 691– 704. https://doi.org/10.35313/ialj.v1i3.3192

Rosalina, E., Andriani, W., Wirahadi, A., Sriyuniati, F., & Handayani, D. (2020). Excel For Accounting Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Pada Yayasan Panti Asuhan. Akuntansi Dan Manajemen, 15(1), 102-107.

Sartika, D., Anggraini, D., Mulyani, F., & Kusufiah, Y. V. (2023). Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Excel For Accounting Pada Kpn Smpn 20 Kota Padang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1-10.

Shinduprinata, A. (2021). Tinjauan Atas Penerapan Sak Emkm Pada Umkm Glass of Dimension. Jurnal Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 2(1), 8–15.

Yusmaniarti, Y., & Ekowati, S. (2019). Laporan Keuangan Koperasi Berbasis Media Excel For Accounting (EFA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(1).

Yusmaniarti, Z., Eko, S., & Sepika, S. (2022). PKM Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Excell for Accounting (EFA) bagi Koperasi se Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 141-151.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.703-715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.