PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE ‘FUN GAMES’ DI SMK N 5 DAN SMP N 26 TIKEP, MALUKU UTARA

Faradila Masuara

Abstract


Kegiatan pelatihan bahasa Inggris ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk wisata (English for tourism) bagi para siswa di SMK N 5 dan SMP N 26 Tikep, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, sehingga mereka terupgrade kompetensinya dalam menggunakan bahasa Inggris di bidang wisata baik secara lisan dan tulisan. Tiga puluh lima siswa SMK N 5 Tikep dan tiga puluh tiga siswa SMP N 26 Tikep mengikuti pelatihan bahasa Inggris. Metode pelatihan mencakup pre-test, ceramah, diskusi, fun games sebagai metode inti pelatihan bahasa Inggris untuk wisata, dan post-test (kuis). Kuesioner diberikan pada sesi akhir pelatihan untuk mengevaluasi persepsi siswa atas metode fun games yang diterapkan. Hasil pelatihan ini berdampak positif dimana ditemukan bahwa para siswa pada dua sekolah tersebut sangat antusias dan enjoy dengan penerapan metode fun games. Progres siswa juga terlihat dimana mereka tampak menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan dan dalam sesi pelatihan dan kuis (post-test) yang diberikan. Temuan menarik lainnya adalah persepsi positif mayoritas siswa yang meyakini bahwa metode fun games dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris, memudahkan pembelajaran bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri sebagai pembelajar, dan membantu meningkatkan keterampilan berbicara sekaligus keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Kesimpulan yang bisa diambil adalah pelatihan bahasa Inggris for tourism dengan metode fun games memiliki pengaruh positif pada peningkatan skill bahasa Inggris para siswa di dua sekolah tersebut

Keywords


Games seru, bahasa Inggris untuk wisata, pelatihan bahasa Inggris, pengabdian kepada masyarakat, keterampilan berbahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Adipat, S. L. (2021). Engaging Students in the Learning Process with Game-Based Learning: The Fundamental Concepts. International Journal of Technology in Education (IJTE), 542-552

Alfi, I. (2015). Improving the students’ speaking skills through communicative games for the grade VIII students of MTS N Ngemplak (master’s thesis). Yogyakarta State University.

Dinas Pariwisata Kota Ternate. 2018. Lakip Kota Ternate. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjK8euf9rODAxW9xzgGHXsIDFoQFnoECAgQAQ&url=https%3A%2F%2Fternatekota.go.id%2Fdownload%2Flakip%2FLAKIP_PEMKOT_TERNATE_2018.pdf&usg=AOvVaw1rUweQTCINLgeIKI5bhSsz&opi=89978449.

Fatinah. Pantai Kastela, Pantai Indah dengan Suguhan Sunset yang Memukau di Ternate. https://www.celebes.co/maluku/pantai-kastela-ternate.

Fidyaningrum, S. A., Dewayanti, S. A., & Authar, N. (2021). Improving Young Learners’ Vocabulary Mastery Through GameBased Learning Using MOFIN Mystery Box”. Child Education Journal, 129-136.

Ghazy, A., Wajdi, M., Ikhsanudin, & Sada, C. (2021). The use of game-based learning in English class. Journal of Applied Studies in Language, 67-78.

Hamzah, Suryani, & Irfan. (2018). Tourism Village Expansion in the Concept of Sustainable Tourism. Lombok: Universitas Mataram.

Irfan, M., & Suryani, A. (2017). Local wisdom based tourist village organization in Lombok tourist area. International Journal of English Literature and Social Sciences (IJELS).

Iriance, I. (2018). Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Lingua Franca dan Posisi Kemampuan Bahasa Inggris Masyarakat Indonesia Diantara Anggota MEA. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar.

Ishak, R.P., & Simanihuruk, M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pokdarwis Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukajadi Bogor. Journal of Economy Empowerment.

Lastari, D. S., Mustafa, S. M., & Nur’Aini, Y. (2020). Using Game-BaseD Learning Tool to Engage Young Learners in the Efl Online Classrooms. The International English Language Teachers and Lecturers Conference, 26-33.

Mahayanti, N. W., Kusuma, I. P., Basikin, & Wibawa, S. (2020). The Asian ESP Journal, 1-30.

Paradina, D. (2018). The Students’ Perception on the Use of Drilling Method in English Learning. Undergraduate thesis, UMY.

Santika, I D.A.D., Putri, I.G.A.V.W., & Diantari, N. P.A. (2022). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris untuk Memperkenalkan Kearifan Lokal ke Manca Negara. Jurnal PKM Dinamisia. LPPM Universitas Lancang Kuning

Shamir, H., Pocklington, D., Feehan, K., & Yoder, E. (2019). Game-Based Learning for Young Learners. International Journal of Learning and Teaching, 206-221.

Sudoyo, W. (2021). PSN 2021, Balai TNAL - Dinas LH Maluku Utara Bersihkan Pantai Wisata. https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/512439/hpsn-2021-balai-tnal-dinas-lh-maluku-utara-bersihkan-pantai-wisata.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.462-471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.