PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SAINS UNTUK MENDUKUNG KETRAMPILAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR

Wati Sukmawati, Rahmiati Rahmiati

Abstract


Pendidikan saat ini menghadapi kompleksitas dengan tuntutan agar siswa mengembangkan keterampilan abad ke-21. Guru di sekolah dasar, sebagai pemimpin utama dalam pembentukan pondasi pendidikan, mungkin belum sepenuhnya siap mengintegrasikan keterampilan tersebut dalam pembelajaran sains. Tantangan termasuk pemahaman konsep sains modern, penggabungan keterampilan abad ke-21, dan motivasi siswa. Keterbatasan akses terhadap sumber daya sains juga menjadi hambatan dalam menciptakan pembelajaran interaktif. Kegiatan pendampingan literasi sains bertujuan meningkatkan kualitas pengajaran sains dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 pada siswa. Dengan pendampingan intensif, diharapkan guru dapat mengatasi hambatan dalam mengajar sains, meningkatkan pemahaman dan minat siswa, serta menciptakan pembelajaran yang lebih relevan dan menarik. Kegiatan ini mendukung MBKM melalui partisipasi mahasiswa sebagai agen perubahan yang memberikan wawasan baru dan membantu guru. Ini juga memungkinkan mahasiswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan perguruan tinggi secara praktis di sekolah dasar. Fokus pada pemberdayaan guru untuk mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 diharapkan menciptakan perubahan signifikan dalam pendidikan dasar, meningkatkan kualitas pengajaran sains, dan mempersiapkan siswa menghadapi masa depan yang kompleks


Keywords


Keterampilan Abad ke-21, Guru, Literasi Sains, Pendidikan Dasar, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Ali, A., Rapi, M., Arif, W. P., Rivai, A. T. O., Zulkarnaim, Z., & Ibrahim, A. (2022). Pendampingan Praktikum Ipa Biologi Peserta Didik Man 2 Barru. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i1.26872

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Lee, L. S., Lee, Y. F., Altschuld, J. W., & Pan, Y. J. (2015). Energy literacy: Evaluating knowledge, affect, and behavior of students in Taiwan. Energy Policy, 76, 98–106. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2014.11.012

Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Educational Props Development for Primary School and Early Childhood Education Teachers: Teachers Satisfaction Aspect. International Journal of Elementary Education, 5(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33237

Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W. (2018). Sosialisasi Zat Aditif dan Adiktif pada Makanan melalui Literasi Sains untuk Siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 240. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1165

Sukmawati, W., & Merina. (2019). Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPKM), 25(4), 210–215.

Sukmawati, W., & Sunaryo, H. (2021). Pendampingan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) Minuman Serbuk Jahe Instan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 401–406. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.5809

Sukmawati, W., Sunaryo, H., & Heriansyah, D. (2021). Penerapan Teknologi Produksi Dan Strategi Pemasaran Pada Umkm Jahe Instan Jm Hamka. 4, 833–839.

Wati Sukmawati, Asep Kadaroman, Omay Suwarna, W. S. (2020). Development of Teaching Materials Based on Conceptual Change Text on Redox Materials for Basic Chemicals on Redox Concept. Edusains, 12(2), 243–251. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.414-419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.