PELATIHAN KREASI KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI DUSUN KRAPYAK IX SEGEYAN SLEMAN

Eko Prasetyo Nugroho Saputro, Priyanto Priyanto, Muslikhin Muslikhin, Moh Alif Hidayat Sofyan, Linda Fitri Pertiwi, Bunga Putri Maulia

Abstract


Pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi suatu keharusan dalam memajukan wilayah pedesaaan. Peran Tri Dharma Perguruan Tinggi yang melekat pada profesi dosen salah satunya diimplementasikan dalam program peningkatan kreativitas warga masyarakat. Pada pengabdian masyarakat ini, tim dosen UNY melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada peningkatan keterampilan pembuatan konten media sosial untuk promosi desa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan baik teori maupun praktik kepada warga masyarakat dalam memajukan kawasan Dusun Krapyak IX Seyegan melalui pelatihan dan pendampingan pembuatan konten media sosial untuk promosi Desa. Program pengabdian dilaksanakan di Dusun Krapyak IX, Seyegan, Sleman melalui empat tahap yakni: a) need analysis, b) pelaksanaan pelatihan, c) pendampingan dan praktik, dan 4) evaluasi. Adapun  metode pelatihan meliputi ceramah,  tanya  jawab, diskusi dan praktik. Hasil pelaksanaan pengabdian ini adalah masyarakat mampu menigkatkan kemampuannya dalam mengembangkan konten media sosial untuk promosi desa secara digital. Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan dan pendampingan. Selain itu, peserta mampu menghasilkan konten promosi Desa di media sosial Instagram, facebook, dan twitter.

 

 

 


Keywords


konten media sosial, pengabdian kepada masyarakat, dusun krapyak IX

Full Text:

PDF

References


Afriani, S., Yanti, R. T., Noviantoby, N., Maulana, T., & Berlianza, D. (2022). Pengenalan Digital Marketing Pada Usaha Keripik Singkong Dewi Sri di Desa Bukit Peninjauan 1. Jurnal Dehasen Mengabdi, 1(2), 149-154.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213-222.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Li, H., Kannan, P. K., Viswanathan, S., & Pani, A. (2016). Attribution strategies and return on keyword investment in paid search advertising. Marketing Science, 35(6), 831-848.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Struggles, H. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis, 1.

Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.590-597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.