PELATIHAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING BAGI SISWA SMKS BUDI MULIA KOTA TANGERANG UNTUK MENJADI WIRAUSAHAWAN SUKSES DI ERA DIGITAL

Sintha Wahjusaputri, Mohammad Suryadi Syarif, Doni Purwani, Rahma Widiati

Abstract


Daya serap lulusan SMK ke dunia kerja saat ini masih cukup rendah berdasarkan data yang ada. Hal ini terjadi karena adanya kesenjangan yang signifikan antara keterampilan yang diajarkan di sekolah dan tuntutan di tempat kerja. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Diksi mendukung inisiatif Revitalisasi Sekolah Vokasi. Sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka (UHAMKA) wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. UHAMKA antusias mendukung program ini dan bekerjasama dengan SMK Swasta Budi Mulia yang berlokasi di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Tujuan utama dari layanan ini adalah untuk membekali siswa yang terdaftar di SMK Swasta Budi Mulia dengan kompetensi yang diperlukan untuk berkembang sebagai wirausaha di era digital. Tim pengabdi mengadakan seminar mengenai content marketing, kewirausahaan, dan pola pikir positif mahasiswa. Metodologi layanan terdiri dari empat fase berbeda: kolaborasi, persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Sebagai konsekuensi dari mengikuti kegiatan pelatihan pemasaran melalui pemasaran digital sebagai bagian dari upaya pengabdian masyarakat ini, siswa memperoleh pemahaman tentang prinsip-prinsip pemasaran, pola pikir kewirausahaan, dan pemasaran konten.


Keywords


Pelatihan, Digital Marketing, Kewirausahaan, Pemasaran, Era Digita

Full Text:

PDF

References


Azman, A., Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. (2020). Link and match policy in vocational education to address the problem of unemployment. International Journal of Multi Science, 1(7), 76–86.

https://www.multisciencejournal.com/index.php/ijm/article/view/78

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan Link and Match as a Vocational Education Policy. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2020). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Khurniawan, A. W., & Rivai, M. (2019). Wealth Management Sebagai Strategi Pengelolaan Keuangan SMK Menuju Kemandirian Finansial Sekolah. Research Gate, 1(10), 1–12.

Kusumawardhani, R., Soni Kurniawan, I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 683–693. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Mahanani, E. (2021). Telaah Strategi Pemasaran: Upaya Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 8(2), 22–36.

Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Relationship Word of Mouth , Advertising and Product Quality To Brand Awareness. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1099–1108.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62–70.

Tsani, T., & Rivai Febriantono, A. (2016). Efisiensi Belanja Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Pemenuhan Akses Pendidikan Menengah Di Indonesia. AKURASI: Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia, 2(1), 89–111.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.438-447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.