EDUKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS IT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Khairun Nisa, Ely Syafitri, Pradita Sugesti, Suci Wulandari, Syifa Indria

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran di Universitas Asahan. Teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, namun pemanfaatannya dalam konteks pendidikan masih menghadapi berbagai hambatan. Edukasi mengenai peran teknologi dalam kegiatan belajar sangat penting untuk memastikan mahasiswa dapat memaksimalkan potensi teknologi demi peningkatan kualitas pembelajaran. Adapun hal-hal yang akan dilakukan yaitu mengedukasi mahasiswa mengenai peran teknologi dalam proses pembelajaran, memperjelas manfaatnya, dan mengurangi hambatan dalam penggunaannya dan memberikan pelatihan praktis untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan alat dan aplikasi teknologi terkini, mendorong mahasiswa untuk berinovasi dalam merancang metode pembelajaran yang lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi, menggunakan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, memfasilitasi diskusi, kolaborasi, dan akses ke sumber belajar, menunjukkan bagaimana teknologi dapat meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran bagi mahasiswa dengan berbagai kebutuhan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa di Universitas Asahan akan lebih siap dan mampu memanfaatkan teknologi secara optimal dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, interaktif, dan inovatif.


Keywords


edukasi, media pembelajaran, teknologi

Full Text:

PDF

References


Banurea, R. D. U., Simanjuntak, R. E., Siagian, R., & Turnip, H. (2023). Perencanaan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 88–99.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1265–1271.

Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin. Penerbit Adab.

Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73.

Permana, B. A. C., Bahtiar, H., Sutriandi, A. E., Djamaluddin, M., & Suhartini, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210

Sihombing, L. (2020). Pendidikan dan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104–112.

Yessi, M. (2021). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Dalam Pemilihan Media Pembelajaran Yang Relevan. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SN-KPK), 12, 176–190.

Yuniastuti, S. H., Miftakhuddin, S. P., Khoiron, M., Fahkri, A., & Cetak, T. T. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.335-341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.