PENYULUHAN PENINGKATAN AKTIFITAS FISIK MAHASISWA MELALUI INISIATIF KAMPUS SEHAT

Happy Aprilia Belkis, Hanifah Astri Aulia, Christin Angelina Febriani

Abstract


Aktivitas fisik pada remaja dipengaruhi oleh berbagai faktor yang signifikan terhadap kesejahteraan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan, sikap, dan perilaku terkait aktivitas fisik di kampus dengan kesehatan mental dan fisik mahasiswa. Metode penelitian melibatkan survei dan wawancara terhadap sampel mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang aktif secara fisik di kampus cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah, kesehatan mental yang lebih baik, dan kebugaran fisik yang lebih tinggi. Temuan ini menekankan pentingnya mempromosikan aktivitas fisik di lingkungan kampus untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya dukungan dan fasilitas yang memadai dari pihak kampus untuk mendorong mahasiswa aktif secara fisik. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi strategi efektif dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam aktivitas fisik di kampus. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi institusi pendidikan tinggi dalam mengembangkan program kesehatan dan kebugaran yang dapat meningkatkan kesejahteraan mahasiswa secara keseluruhan. Dengan memperhatikan pentingnya aktivitas fisik dalam kesejahteraan mahasiswa, diharapkan pihak kampus memberikan perhatian lebih besar terhadap fasilitas dan program yang mendukung aktivitas fisik di lingkungan kampus. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan intervensi atau program promosi kesehatan yang berfokus pada aktivitas fisik di lingkungan kampus. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami pentingnya aktivitas fisik di kampus terhadap kesejahteraan mahasiswa. Tentu saja, hal ini memprihatinkan karena aktivitas fisik memiliki tujuan lebih dari sekadar memenuhi kesehatan. Metode yang digunakan dalam edukasi di Universitas Malahayati Bandar Lampung adalah pre-test, presentasi, diskusi, tanya jawab, serta post-test. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan rata-rata nilai pengetahuan sebelum dan setelah dilakukan edukasi. Harapannya adalah agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang aktivitas fisik dari kegiatan ini.


Keywords


Aktifitas Fisik, Edukasi,Universitas Malahayati Bandar Lampung

Full Text:

PDF

References


Astuti, P., & Fathonah, S. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik dan Status Gizi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Unnes Tahun 2019. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 7(2), 93-102.

Fricilia, V. (2022). Hubungan Antara Perilaku Aktivitas Fisik Dengan Kualitas Tidur Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Pondok Pesantren Putri Darul Istiqamah= The correlation between physical activity and sleep quality in senior high school students at Darul Istiqamah Girls’ Islamic boarding school (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Ambarwati, Putri Dewi, Sambodo Sriadi Pinilih, and Retna Tri Astuti. "Gambaran tingkat stres mahasiswa." Jurnal Keperawatan Jiwa 5.1 (2019): 40-47.

Daulay, Lily Sardiani, Mardianto Mardianto, and Muhammad Irwan Padli Nasution. "Literasi Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak di Era Digital." Jurnal Raudhah 11.1 (2023).

Setyawati, V. A. V., Gz, S., & Gizi, M. (2023). Understanding Remaja, Gizi Dan Kesehatan. Deepublish.

Riad, Irham, and Muhammad Zainal Khadafi. "Qailullah (Tidur Siang) dalam Tradisi Sunnah: Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Produktivitas." Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1.6 (2023): 1301-1315.

Suswandy, S., & Thursina, F. (2023). Meningkatkan Antusiasme Masyarakat dalam Kegiatan Keagamaan. Jurnal Pengabdian West Science, 2(08), 652-660.

Basuki, Sunarno. "Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat." Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16.1 (2017).

Widayati, Aris. Perilaku kesehatan (health behavior): aplikasi teori perilaku untuk




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.294-299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.