ANALISIS KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (PB) DARAH PADA PENGRAJIN GENTENG DI DESA DARMASABA, ABIANSEMAL, BADUNG, BALI

Ni Putu Rahayu Artini, I Wayan Tanjung Aryasa, I Kadek Agus Riki Gunawan, I Kadek Arya Sugiantara

Abstract


Desa Darmasaba adalah salah satu Kabupaten di Badung Bali yang merupakan salah satu desa penghasil genteng press yang ada di Bali. Proses produksi genteng press terdiri dari pemilihan bahan baku, pengolahan tanah liat, pencetakan tanah menjadi genteng, pengeringan genteng yang basah, dan penghalusan genteng. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, sebagian besar pengrajin genteng tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) pada saat proses produksi genteng berupa pencetakan genteng dengan pelumas Pb dan pembakaran genteng. Untuk mengetahui status kesehatan pengrajin, dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis melalui pengabdian masyarakat pemeriksaan kadar logam berat Pb pada 10 orang pengrajin genteng di Desa Darmasaba, Abiansemal, Badung pada sampel darah vena dengan metode destruksi basah dan analisis dengan alat Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Hasil pemeriksaan diperoleh kadar Pb semua pengrajin genteng di desa Dharmasaba adalah normal, dengan kadar terendah adalah 0,27 µg/mL, tertinggi 0, 42 µg/mL dengan rerata 0,353 µg/mL.


Keywords


Atomic Absorption Spectrophotometry, kadar Pb, pengrajin genteng,

Full Text:

PDF

References


Adryani, R. 2005. Analisis Kandungan Timbal (Pb) Pada Gorengan Akibat Kertas Koran Sebagai Pembungkus. Jurnal Universitas Andalas, 4(31).

Depkes. 2001. Kerangka Acuan Uji Petik Kadar Timbal (Pb) Pada Spesimen Darah Kelompok Masyarakat Berisiko Tinggi Pencemaran Timbal. Ditjen PPM dan PLP Departemen Kesehatan RI. Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (DEPKES RI). 2000. Prosedur Operasional Standar Pemeriksaan Kadar Pb Pada Spesimen Darah Tahun 2000.

Damayanti, I. 2015. Validasi Metode Spectrofotometer Serapan Atom (SSA) Untuk Pemantapan Kadar Kalsium Dalam Tulang Femur Tikus. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Dongre, N., A. N., Nilima & Suryakar. 2011. Biochemical Effects of Lead Exposure on Systolic and Diastolic Blood Pressure, Heme Biosynthesis and Hematological Parameters in Automobile Workers of North Karnataka India. Journal Clinical Biochemical India, 400–406.

Mukono, H. 2006. Pencemaran Udara dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Saluran Pernapasan. Surabaya: Airlangga University Press.

Mulyana. 2012. Efek dan Biomarker Pajanan Timbal. Jakarta: PT.Prodia Widyahusada.

Palar, H. 2012. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta.

Rahamadani. P. 2017. Analisa Kadar Timbal (Pb) Dalam Darah Pekerja Bengkel Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kota Medan Tahun 2017. Skripsi. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara Medan.

Suciani, S. 2007. Kadar Timbal Dalam Darah Polisi Lalu Lintas dan Hubungannnya dengan Kadar Hemoglobin. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.254-259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.