PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA SWASTA TAMAN SISWA KISARAN

Ely Syafitri, Khairun Nisa, Vieka Adyva, Zahra Ramadhani, Liza Safrina

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penggunaan Platform Merdeka Mengajar sebagai alat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di SMA Swasta Taman Siswa Kisaran. Metode Pengabdian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengabdian ini mengungkapkan bahwa implementasi Platform Merdeka Mengajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pengalaman belajar siswa dan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Platform ini memberikan akses lebih luas terhadap sumber belajar yang beragam dan mendukung inovasi dalam metode pengajaran. Hasil Pengabdian juga menunjukkan bahwa penggunaan Platform Merdeka Mengajar memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, mendorong kolaborasi antar siswa, serta memperluas ruang diskusi dan pertukaran ide di luar ruang kelas. Selain itu, platform ini juga membantu guru dalam menyusun materi ajar yang lebih menarik dan relevan dengan kebutuhan siswa. Kesimpulannya, implementasi Platform Merdeka Mengajar di SMA Swasta Taman Siswa Kisaran secara positif mempengaruhi kualitas proses belajar mengajar dengan memberikan akses lebih luas terhadap sumber belajar, memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, serta mendorong inovasi dalam pembelajaran. Pengabdian ini menyoroti potensi besar platform ini dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah menengah


Keywords


The platform Merdeka Mengajar, Learning, High School, Technology Integration

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M., Putri, D. S., & Mentari, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1).

Agustina, R., Rukhmana, T., Pitri, N., & Meirisa, S. (2023). SISTEM PENDIDIKAN DIGITAL. Cendikia Mulia Mandiri.

Ahmetya, A. R., Setyaningrum, I., & Tanaya, O. (2023). Era Baru Ketenegakerjaan: Fleksibilitas Pekerja Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 1001–1015.

Anwar, R. (2023). Bimbingan Klasikal Hots Dan Tpack Dalam Kurikulum Merdeka: Suatu Pendekatan Best Practice. Feniks Muda Sejahtera.

Hasanbasri, H., & Nurhayuni, N. (2023). Sumber Daya Teknologi Terhadap Pelaksanaan Kurikulum di Era Digital. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 874–888.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Murtopo, A., Rahmaisyah, R., & Jusmaini, J. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era Digital 4.0. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 11(02), 11–22.

Purba, R. A. (2021). Kampus Merdeka Dalam New Normal: Risiko Dan Kesempatan. Kampus Merdeka Seri, 3, 95.

Sudrajatullah, S., & Rahmadani, F. (2023). Manajemen Teknologi Pendidikan: Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Journal of Information and Multimedia, 1(1), 19–38.

Syafrizal, T. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik Di MTsN 3 Dan MTsN 19 Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Subjek dan objek evaluasi pendidikan di sekolah/madrasah terhadap perkembangan revolusi industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 384–399.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.362-369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.