PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBEKALAN MATERI SERTA PENYELENGGARAAN TOEIC-LIKE TEST

Sari Mubaroh, Sidiq Andriyanto, Khoirunnisa Shabira, Fahry Gibran, Kemas Afif Adestra

Abstract


Artikel ini menyajikan penelitian yang dilakukan di SMKN 2 Sungailiat, sebuah sekolah kejuruan di Indonesia, untuk menilai kecukupan persiapan tes TOEIC-Like dalam meningkatkan kapasitas keterampilan berbahasa Inggris di kalangan siswa. Metode pelaksanaan yakni dengan memberikan pelatihan atau pembekalan materi kepada siswa sebagai persiapan tes. Sedangkan metode uji menggunakan metode pre-test dan post-test, dengan tes TOEIC-Like sebagai alat untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan 36 siswa SMKN 2 Sungailiat dari jurusan Management Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB). Hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Hasil nilai pre-test berkisar antara 180 hingga 510 dengan rata-rata nilai sebesar 282, sedangkan nilai post-test berkisar antara 235 hingga 650 dengan rata-rata nilai 442. Dari hasil tersebut menyimpulkan bahwa persiapan tes TOEIC-like berhasil dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di kalangan siswa. Hasil ini memberikan laporan skor yang dapat dijadikan portofolio bagi peserta saat melamar kerja, memberikan klarifikasi terkait dengan tingkat kapasitas masing-masing peserta, menilai pembelajaran di sekolah khususnya instruktur/guru bahasa Inggris, dan mengukur pengakuan peserta terhadap tes TOEIC dan penyusunan materi yang diperoleh dari pelatihan yang diberikan.


Keywords


pelatihan, English Profeciency, TOEIC, SMK

Full Text:

PDF

References


Hadam, S., Rahayu, N., & Nur Ariyadi, A. (10 C.E.). Langkah Revitalisasi SMK. In Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harmer, J. (2001). The practice of English language teaching. London/New York, 401–405.

Mubaroh, S., Setya Pratama, M., Pratiwi, R., Teknik, J., Dan, E., Politeknik, I., Negeri, M., Belitung, B., & Politeknik, M. (2022). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Berekuivalensi Toefl Bagi Guru Tingkat SMP. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 275–283. https://doi.org/10.31604/JPM.V5I1.275-283

Richardson, G., & Peters, M. (1995). Building Skills for the TOEIC Test: Cassette 3. Pearson Education Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.215-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.