INTRODUKSI KONSEP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK ASISTEN LABORATORIUM ELEKTRONIKA

Khairul Fuady, Erly Mauvizar, Wirda Wirda, Misbah Annuari

Abstract


Gagasan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan kaidah keilmuan yang memuat  pengetahuan dan penerapan yang terkait kegiatan mengendalikan keadaan yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kebakaran, polusi, penyakit bahkan kematian. Faktor penyebab kecelakaan kerja dapat diakibatkan oleh banyak hal seperti penyusunan standar operasi prosedur (SOP) belum memuat atau memadai terkait K3, faktor kelalaian sumber daya manusia (human error) dan hal-hal di luar kendali lainnya. Perlu adanya pengenalan tentang pengetahuan terkait konsep keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada asisten laboratorium. Konsep ini terkait langsung dengan hard dan soft competency dari asisten laboratorium terutama saat melaksanakan praktek seperti saat memberikan intruksi dari modul praktek serta saat mengawasi praktikan bekerja. Hal lainnya adalah asisten laboratorium dapat mengendalikan suasana jika ada kondisi hazard atau hal yang tidak diinginkan saat praktikum berlangsung. Kendala umum dalam pelaksanaan K3 meliputi dua faktor, yaitu faktor manusia dan faktor lingkungan. Perlu adanya penambahan peralatan utama dan pendukung K3, pengaturan colokan listrik sesuai pedoman kelistrikan, penambahan rambu-rambu terkait K3 juga penyusunan SOP K3 dan pembentukan otoritas Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di laboratorium. Pelaksaan kegiatan ini telah diikuti dengan antusias oleh peserta dan diimplementasikan saat pelaksanaan praktikum.


Keywords


Keselamatan; Kesehatan Kerja; Hazard; Kecelakaan.

Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum, Dwi. (2020), Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan, JPLP, 2(1), 35-40.

Dataid.Indonesia. (2022), Kasus Kecelakaan Kerja Di Indonesia Alami Tren Meningkat.

Dongka, R.H. (2019), Analisis Implementasi K3 Pada Laboratorium Praktek Instalasi Listrik Di SMK Negeri 2 Luwu Dan SMK Negeri 6 Luwu. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 87-95.

Ferdiyana, Rosita, dkk. (2020), Kesadaran Mahasiswa Teknik Elektronika Terhadap K3 Di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang.Integrated Lab.Journal, 8(02), 50-56.

Nugroho, H.A. (2015), Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Laboratorium Praktik Jurusan Titl Smk N 1 Pundong. Skripsi.

Sudiana, I.K. (2023), Penerapan Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Laboratorium Pendidikan Kimia Upaya Menciptakan Laboratorium Kimia Yang Aman, Sehat, Dan Bebas Dari Pencemaran Lingkungan. Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor dalam Bidang Ilmu Kesehatan Lingkungan.

Triyono, M.B. (2014), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-undang republik Indonesia no 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja.

Wahyunan, A, dkk, (2015), Optimalisasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin. 23(02).

Wicaksana, A.S, dkk. (2022), Analisa Komponen Keamanan dan Keselamatan Kerja Pada Lingkungan Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Researchgate.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i2.659-667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.