MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD

Putri Lidiana Permata Sari, Syahriani Sirait

Abstract


Siswa sekolah SDN saat ini masih banyak yang belum mengenal literasi dan numerasi pada Bahasa Inggris sehingga mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Inggris ketika duduk dibangku sekolah menengah sederajat kedepannya. Siswa SDN mengalami kesulitan dalam kemampuan literasi dan numerasi dikarenakan tidak adanya mata pelajaran Bahasa Inggris di bangku SD yang mana mata pelajaran tersebut hanya sebagai muatan lokal. Di dalam kegiatan pengabdian masyrakat ini mengenalkan kosakata Bahasa Inggris kepada peserta didik dengan mengimplementasikan media flashcard. Media flashcard adalah media yang menyajikan meteri tentang pengenalan angka, warna, hewan, tumbuhan, dan lainnya. Tampailan yang menarik dapat meningkatkan minat peserta didik dalam mengenal kosakata dalam Bahasa Inggris lebih baik lagi. Metode yang digunakan di dalam pengabdian ini dengan metode ceramah, Tanya jawab, audio lingual dan pemberian tugas. Dengan metode tersebut menerapkan media flash card pada kegiatan pengabdian ini mengahsilkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dalam pengenalan kosakata semakin meningkat.

Keywords


Literasi, Numerasi, Flashcard

Full Text:

PDF

References


Admin Selvima. (2020). Pelngelrtian Litelrasi Melnurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jelnis dan Prinsip. https://selvima.com/pelngelrtian-litelrasi-melnurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jelnis-danprinsip/

Gelrakan Litelrasi Nasional. (2017). Matelri Pelndukung Litelrasi Numelrasi. Kelmelntelrian Pelndidikan dan Kelbudayaan.

Hotimah, EL. (2010). (2010). Pelnggunaan Meldia Flashcard Dalam Melningkatkan Kelmampuan Siswa Pada Pelmbellajaran Kosakata Bahasa Inggris Kellas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Univelrsitas Garut.

Lindawati, N. (2018). Kelelfelktifan Pelngajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Selkolah Dasar Delngan Melnggunakan Flash Card. Jurnal Manajelmeln Pellayanan Hotell, 2.

Maili, S. N. (2018). B ahasa Inggris pada Selkolah Dasar: Melngapa Pelrlu dan Melngapa dipelrsoalkan. JUDIKA (Jurnal Pelndidikan Unsika), 6, 23–28.

Nisa, I. F. (2020). Kelbijakan dan Pellaksanaan Pelmbellajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonelsia. In Selminar Nasional Pelndidikan, Vol. 1, No.

Sari, EL. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Litelrasi di Kalangan Mahasisa FBS UNY.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Meldia pelmbellajaran. CV. Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.183-189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.