PELATIHAN ENGLISH SPEAKING UNTUK MASYARAKAT KURANG MAMPU YANG BEKERJASAMA DENGAN KORAMIL

Roihatul Millah

Abstract


Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi global. Sadar akan pentingnya penggunaan bahasa Inggris, pemerintah telah menetapkan bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran di dalam kurikulum sekolah. Bahasa Inggris dapat dipelajari baik dalam pendidikan formal maupun informal. Namun, pendidikan informal/ kursus bahasa Inggris tidaklah murah untuk masyarakat kurang mampu. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris bukanlah prioritas. Masalah tersebut dapat menurunkan motivasi dan daya tarik bagi putra-putri mereka dalam berbahasa Inggris sehingga mereka akan kesulitan dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Pelatihan ini diberikan kepada anak-anak dari masyarakat kurang mampu dan dilakanakan di RPTRA Cipedak Gemilang, Jakarta Selatan. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak berada dibawah tanggung jawab Komando Rayon Militer. Materi pelatihan yaitu tentang percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Setelah pelaksanaan pelatihan, peserta pelatihan terlihat lebih mampu dan percaya diri dalam berkomunikasi Bahasa Inggris. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris dan motivasi sebagai pembelajar Bahasa Inggris.

Keywords


English speaking, Masyarakat kurang mampu, Koramil.

Full Text:

PDF

References


Aye, K.K.,& Phyu, K.L. (2015). Developing Students’ Speaking Skill through Short Stories. Yangon University of Education Research Journal, 5(1),1-11

Brown, Gillian and Yule, George. 1999. Teaching the Spoken Language. Cambridge University Press

Damayanti, A (2016) Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat (Studi Kasus di Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, Vol 2 No.3,15-19.

Efrizal, D. (2012). Improving Students’ Speaking through Communicative Language Teaching Method at Mts Ja-alhaq, Sentot Ali Basa Islamic Boarding School of Bengkulu. International Journal of Humanities and Social Science, 2(20),127-134.

Kayi, Kayriye. (2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in Second Language. Online. Retrieved June,2022, from http://iteslj.org/Techniques/Kayi-TeachingSpeaking.html.

Kosar,G.,&Bedir,H.(2014). Strategies-based Instruction: A Means of Improving Adult EFL learners’ speaking skills. International Journal of Language Academy,2(3),12-26

Pasaribu, N. (2019). Asteseden Komunikasi Strategies TNI-Rakyat dalam Pembinaan Teritorial (Binter) di Komando Distrik Militer (Kodim) 0716/Demak. Universitas Diponogoro, Semarang, Indonesia.

Sulaiman.,& Asanudin. (2020) Analisis Peranan Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntanika Vol.6 No.1, 38-45

Tahir, S.Z.A (2015). Improving Students’ Speaking Skill through Yahoo Messenger at University of Iqra Buru. International Journal of Language and Linguistics, 3(3): 174-181,doi: 10.11648/j.iji11.20150303.20

Zuhriyah, M. (2017) Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill. Jurnal Tadris Bahasa Inggris, Vol 10(1), 119-134




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1111-1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.