PENGEMBANGAN BISNIS DI ERA DIGITAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP DAN SERTIFIKASI HALAL UNTUK MEWUJUDKAN BANOM NU BERJIWA WIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN ABCD (ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT)
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap semua banom NU di Desa Purbowangi melalui pendekatan ABCD. Kegiatan ini berlangsung selama program KKN IAINU Kebumen pada bulan Juli-Agustus 2023 di Desa Purbowangi Kecamatan Buayan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 di Balai Desa Purbowangi yang dihadiri oleh anggota banom NU Desa Purbowangi dan pelaku UMKM yang ditindaklanjuti sampai peserta mendapatkan sertifikasi halal. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yang memfokuskan kepada pemanfaat asset dan potensi dari UMKM yang dimiliki oleh banom NU Desa Purbowangi. Hasil dari pelatihan ini adalah adanya sikap antusias peserta mengikuti pelatihan ini seperti peserta antusias untuk mengikuti pelatihan membuat website sampai dapat bergabung dengan website usaha, mendaftar di market place dan berani mempromosikan produknya di media sosial. Kegitan ini juga memberikan memberikan pemahaman dan kemampuan bagi pelaku usaha mikro agar dapat menyusun strategi usaha yang tepat dan memaksimalkan penggunaan teknologi digital serta memahami sertifikasi halal yang baik bagi usahanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhasole, V. S., Raverkar, D., & Tamondkar, T. (2020). IMPORTANCE OF DIGITAL MARKETING IN THE NEW AGE. International Journal of Advance and Innovative Research, 7(1), 79–82.
Fatimah, S., Al Hudri, M. A. F., Yulianti, F., Lutfiyah, H., Fatikhaturrohmah, F., Oktariyanti, Y., Muttaqiyah, B., Istiqomah, D., Rohmah, L. N., Kainanto, A., & Wijayanti, E. (2022). ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT (ABCD) PADA UMKM OPTIMALISASI MILIK ANGGOTA PAC ANSHOR DAN FATAYAT GOMBONG MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 758–764.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Karimi, S., Biemans, H. J. A., Lans, T., Chizari, M., & Mulder, M. (2016). The Impact of Entrepreneurship Education: A Study of Iranian Students’ Entrepreneurial Intentions and Opportunity Identification. Journal of Small Business Management, 54(1), 187–209. https://doi.org/10.1111/jsbm.12137
Kurniawan, D., Setiyanto, A. I., Darmawan, A., Ansori, M., Restu, F., Aprilia, E., Widiastuti, H., Zaenuddin, M., Wijayanti, I., & Rasarandi, F. D. (2023). Pelatihan Penyusunan Dokumen Sertifikasi Halal Bagi UMKM di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v5i1.4558
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Porsayev, G. (2020). THE PERSPECTIVES OF THE DIGITAL MARKETING. International Journal of Human Computing Studies, 2(6), 19–21.
Shirisha, M. (2018). Digital Marketing Importance in the New Era. International Journal of Engineering Technology Science and Research, 5(1), 1–6.
Silvia, S. (2019). The Importance of Social Media and Digital Marketing to Attract Millennials’ Behavior as a Consumer. JOURNAL OF INTERNATIONAL BUSINESS RESEARCH AND MARKETING, 4(2), 7–10. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.42.3001
Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1), 012065. https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065
Wulandari, O. A. D. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal Bagi Produk UMKM Di Purbalingga. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 116–121. https://doi.org/10.59025/js.v2i1.82
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4675-4687
Refbacks
- There are currently no refbacks.