PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KEUANGAN DI DESA TALANG NANGKA KECAMATAN LEMBAK, MUARA ENIM , SUMATERA SELATAN

Meilin Veronica

Abstract


Peningkatan literasi keuangan di kalangan masyarakat pedesaan menjadi penting dalam mengatasi masalah keuangan yang dihadapi oleh mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Desa Talang Nangka melalui program pelatihan dan pendampingan keuangan. Metode yang digunakan adalah identifikasi kebutuhan literasi keuangan masyarakat, merancang program pelatihan, melaksanakan pelatihan, menyediakan sesi pendampingan kepada peserta, mengadakan sesi evaluasi dan pengukuran peningkatan literasi keuangan setelah program berlangsung selama enam bulan. Hasil program pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi keuangan masyarakat Desa Talang Nangka, adanya peningkatan pemahaman tentang perencanaan keuangan pribadi, pengelolaan utang, investasi yang cerdas, dan penggunaan layanan perbankan. Selain itu, masyarakat lebih aktif menabung dan merencanakan keuangan masa depan. Pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan literasi keuangan masyarakat Desa Talang Nangka melalui program pelatihan dan pendampingan keuangan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan, diharapkan masyarakat dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan mengurangi masalah keuangan yang mereka hadapi. Program ini juga menunjukkan manfaat kolaborasi antara universitas, mahasiswa KKN dan masyarakat desa dalam upaya meningkatkan literasi keuangan.


Keywords


Literasi Keuangan, Pelatihan, Pendampingan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861–1883.

Hastings, J. S., Madrian, B. C., & Skimmyhorn, W. L. (2013). Financial literacy, financial education, and economic outcomes. Annu. Rev. Econ, 5(1), 347–373.

Heckman, J. J., & Mosso, S. (2014). The economics of human development and social mobility. Annual Review of Economics, 6(1), 689–733.

Lusardi, A., & Mitchell, O. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.768-774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.