PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DALAM PEMANFAATAN BATANG KOPI SEBAGAI BAHAN BRIKET BESEMAH DEMPO (BBD) DAN PENINGKATAN EKONOMI DENGAN DIGITAL MARKETING

Edowinsyah Edowinsyah, Fameira Dhiniati, Risnaini Masdalipa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ekonomi dan pengetahuan  masyarakat (remaja-remaja) Desa Jokoh melalui pemberdayaan Kelompok Tani Remaja dusun Laman dengan memanfaatkan limbah batang kopi menjadi arang briket besemah dempo. Urgensi pada pengabdian ini ialah banyaknya kasus batang kopi yang dipotong oleh petani karena sudah habis masa produktif dan mati, sehingga batang kopi yang sudah habis masah produktif dipotong  oleh petani dan potongan tersebut tidak dimanfaatkan petani sehingga batang kopi menjadi lapuk. Padahal batang kopi bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar namun masyarakat lebih memilih kompor gas. Batang kopi memiliki karakteristik arang berkualitas baik dan bernilai ekonomi jika dimanfaatkan sebagai produk briket. Kelompok Tani Remaja Dusun Laman Desa Jokoh baru mengelola produk hasil pertanian yakni hanya memamnen buah kopi saja belum memanfaatkan limbah pertanianya. Solusi yang dapat dijadikan alternatif adalah 1) pembuatan arang bricket dari batang kopi 2) Penjualan produk bricket sebagai produk Kelompok Tani desa Jokoh 3) Pemanfaatan e marketing sebagai media promosi produk


Keywords


pohon Kopi, Briket,Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Afriliana, Asmak. 2018. Teknologi Pengolahan Kopi Terkini. Deepublish.

Husein, Harahap. 2021. “Teknis Budidaya Tanaman Kopi (Coffea Sp) Di Dusun Krinjing, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah.”

Ndraha, Nodali. 2009. “Uji Komposisi Bahan Pembuat Briket Bioarang Tempurung Kelapa Dan Serbuk Kayu Terhadap Mutu Yang Dihasilkan.” Universitas Sumatera Utara. Fakultas Pertanian. Departemen Teknologi pertanian.

Nuwa, Nuwa, and Prihanika Prihanika. 2018. “TEPUNG TAPIOKA SEBAGAI PEREKAT DALAM PEMBUATAN ARANG BRIKET: Tapioca Flour as in Adhesive Making of Bricket.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 3(1): 34–38.

Rosnawati, Emy, and M Tanzil Multazam. 2022. “Buku Ajar Hukum Lingkungan.” Umsida Press: 1–209.

Sahban, Muhammad Amsal, and M M Se. 2018. 1 Kolaborasi Pembangunan Ekonomi Di Negara Berkembang. Sah Media.

Syaufina, Lailan, and Eduardo Fernando Martins de Carvalho. 2020. “Persepsi Dan Aktivitas Masyarakat Dalam Penggunaan Kayu Bakar Di Kota Dili, Timor Leste.” Jurnal Silvikultur Tropika 11(1): 1–10.

Umar, Ardin, and Fahri Sibua. 2022. “Pemberdayaan Petani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(18): 420–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4667-4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.